Bentuk Keterlibatan Wanita Karier Dalam Manajemen Rumah Tangga Perspektif Maqasid Syariah Jasser Auda (Studi Kasus Di Desa Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

Sagita, Insharie Amarylis (2023) Bentuk Keterlibatan Wanita Karier Dalam Manajemen Rumah Tangga Perspektif Maqasid Syariah Jasser Auda (Studi Kasus Di Desa Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Insharie Amarylis Sagita 101190216 Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan ajaran Islam dan KHI nafkah keluarga menjadi kewajiban seorang suami, artinya suami sebagai kepala keluarga dan istri sebagai kepala rumah tangga. Berkembangnya zaman kini banyak wanita yang berkarir dan mandiri secara finansial. Pekerjaan-pekerjaan di wilayah homegrown (di dalam rumah) umumnya tidak dinormalisasi, mengingat perkembangan kebebasan perempuan telah mendesak mereka untuk membentengi realitasnya sendiri, terutama untuk berkiprah di bidang ekonomi. Adanya peran ganda yang dilakukan wanita karier perlu adanya suatu manajemen rumah tangga untuk menciptakan kualitas dan ketahanan keluarga. Fokus penelitian terkait bentuk keterlibatan wanita karir dengan perspektif maqasid syari'ah Jasser Auda untuk mengetahui bentuk keterlibatan wanita karier dalam manajemen rumah tangga atau bagaimana terpenuhinya tujuan utama maqasid syari’ah perspektif Jasser Auda. Rumusan masalah dalam penelitian adalah 1. Bagaimana perspektif Maqasid syariah Jasser Auda terhadap bentuk keterlibatan wanita karier dalam menjaga kualitas keluarga di Desa Karanglo-lor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo? dan 2. Bagaiamana perspektif Maqasid Syari’ah Jasser Auda terhadap bentuk keterlibatan wanita karier dalam ketahanan keluarga di Desa Karanglo-lor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sepuluh informan wanita karier masyarakat Desa Karanglo-lor terlibat dalam menjaga kualitas dan ketahanan keluarga melalui melaksanakan tanggungjawab sebagai istri, manajemen rumah tangga, mewujudkan fungsi keluarga, memahami batasan-batasan saat bekerja, dan menciptakan ketahanan keluarga dengan melakukan komunikasi dengan baik untuk menyamakan persepsi dan tetap menjaga kestabilan emosi. Analisis perspektif maqasid syari’ah Jasser Auda terhadap bentuk keterlibatan wanita karier dalam menciptakan kualitas dan ketahanan keluarga di Desa Karanglo-Lor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo sesuai dengan tujuan hukum islam dan mencangkup tujuan pokok Maqasid Al-‘Ammah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khaidarulloh
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:43
Last Modified: 31 May 2023 08:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item View Item