PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONOROGO TERHADAP BANK SYARIAH

Lestari, Ayu Setiyo (2023) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONOROGO TERHADAP BANK SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402180016_Ayu Setiyo_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Ayu Setiyo Lestari, 2023. Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo terhadap Bank Syariah. Skripsi, 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi M.E.
Kata kunci : Persepsi, Guru Pendidikan Agama Islam, Bank Syariah
Persepsi adalah proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti. Sebagaimana persepsi terhadap bank syariah seharusnya berdasarkan pada proses seleksi informasi yang diperoleh. Utamanya bagi guru Pendidikan Agama Islam yang seharusnya menjadi pelopor menggunakan bank syariah. Namun ternyata tidak semua guru Pendidikan Agama Islam mengetahui secara gamblang mengenai bank syariah. Sehingga peneliti mengacu pada fakta tersebut untuk melakukan penelitian.
Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa persepsi guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo terhadap bank syariah, dan faktor apa yang mempengaruhi persepsi guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo terhadap bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data induktif yang menganalisis data bersifat khusus untuk ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hasil wawancara kepada 8 guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo menunjukkan berbagai macam Persepsi terkait bank syariah yakni sebagian besar Guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo menyampaikan bahwa bank syariah berbeda dengan bank konvensional, namun ada juga yang menyampaikan persepsinya bahwa bank syariah sama dengan konvensional. Disamping itu muncul pula Persepsi mengenai ketahuan bunga dan bagi hasil, namun ada juga Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo yang tidak mengetahui bunga dan bagi hasil. Namun disisi lain sebagian besar Guru Pendidikan Agama Islam di Ponorogo merasa tertarik untuk menggunakan dan memperdalam produk-produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:42
Last Modified: 31 May 2023 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item