Analisis Undang-Undang Nomor 33 tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Proses Produksi dan Label Kemasan Pada Usaha Keripik Tempe Coin "Berkah Memey" di Ponorogo

Sholihah, Binti (2023) Analisis Undang-Undang Nomor 33 tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Proses Produksi dan Label Kemasan Pada Usaha Keripik Tempe Coin "Berkah Memey" di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Binti Sholihah_102190006_HES.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Binti Sholihah 2023. Analisis Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Proses Produksi dan Label Kemasan Pada Usaha Keripik Tempe Coin “Berkah Memey” di Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Farida Sekti Pahlevi, S. Pd., S. H., M. Hum.
Kata Kunci/Keywords: Undang-Undang Jaminan Produk Halal, Proses Produksi, Label Kemasan Produk.
Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal bertujuan untuk memberikan panduan kepada para pelaku usaha mengenai bagaimana cara mengolah, memproses, memproduksi, dan memasarkan produk kepada konsumen, akan tetapi masih banyak sekali pelaku usaha yang tidak memperhatikannya. Salah satu usaha yang kurang memperhatikan ketentuan dalam UUJPH adalah usaha keripik tempe coin “Berkah Memey” di Desa Koripan, Bungkal, Ponorogo. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh penulis, usaha tersebut masih memiliki lokasi produksi yang tergabung dengan dapur rumah pemilik usaha yang belum di ubin dan kurang terjaga kehigienisannya serta usaha tersebut belum mencantumkan label halal pada kemasan produk karena pemilik usaha belum melakukan sertifikasi halal, padahal pemasaran produknya sudah hampir ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal terhadap proses produksi pada usaha keripik tempe coin “Berkah Memey” yang tidak bersertifikst halal di Ponorogo? Bagaimana analisis Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal terhadap label kemasan produk pada usaha keripik tempe coin “Berkah Memey” di Ponorogo?
Adapun skripsi ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif guna untuk memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis empiris dan teknik triangulasi teori sebagai pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah bahan yang digunakan dalam proses produksi keripik tempe coin “Berkah Memey” telah sesuai dengan Pasal 17 ayat (1), (2), dan Pasal 20 huruf a UUJPH karena bahan tersebut merupakan bahan nabati dari kedelai yang terjamin kehalalannya serta terbukti tidak memabukkan ataupun membahayakan konsumen. Kemudian untuk lokasi, tempat dan alat yang digunakan pada proses produksi keripik tempe coin tersebut juga dinyatakan sesuai dengan Pasal 21 ayat (1) UUJPH karena sudah terpisah dari produk tidak halal. Akan tetapi, lokasi, tempat dan alat yang digunakan dalam proses produksi keripik tempe coin “Berkah Memey” juga dinyatakan tidak sesuai dengan Pasal 21 ayat (2) UUJPH karena pelaku usaha dan para karyawan kurang menjaga kebersihan dan kehigienitasnya. Selanjutnya, label kemasan produk pada usaha keripik tempe coin “Berkah Memey” dinyatakan tidak sesuai dengan Pasal 4 UUJPH karena dalam label produk tersebut tidak tercantum label ‘HALAL’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:41
Last Modified: 31 May 2023 08:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item