Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Harmonis Bagi Pasangan Yang Tidak Memiliki Keturunan (Studi Kasus Di Desa Gandu Kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo)

Atifah, Annida Wifqi Nur (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Harmonis Bagi Pasangan Yang Tidak Memiliki Keturunan (Studi Kasus Di Desa Gandu Kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190124_Annida Wifqi Nur Atifah_ HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Atifah, Annida Wifqi Nur. Nim. 101190124. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Harmonis Bagi Pasangan Yang Tidak Memiliki Keturunan(Studi Kasus Di Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agamma Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi Fitia Maliha, M.HI.
Kata Kunci: keharmonisan keluarga, tidak memiliki keturunan, hukum Islam.
Mewujudkan keluarga yang harmonis merupakan harapan bagi semua pasangan suami istri dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Dalam sebuah keluarga yang sangat diharapkan oleh pasangan suami istri ialah hadirnya keturunan, karena dengan hadirnya sebuah keturunan akan menjadi cikal bakal penerus keturunan selain itu juga masyarakat beranggapan bahwasannya keluarga yang ideal adalah ayah, ibu dan anak. Akan tetapi yang terjadi di Desa Gandu tidak semua pangan suami istri dapat memperoh keturunan dengan usia perkawinan lebih dari10-20 tahun tetapi mereka semua mampu menjaga keutuhan rumah tangganya hingga saat ini.
Dari kasus tersebut muncul sebuah pertanyaan upaya pembentukan keluarga harmonis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap persepsi keluarga harmonis bagi keluarga yang tidak memiliki keturunan di Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap strategi keluarga yang tidak memiliki keturunan dalam mempertahankan keluarganya di Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa persepsi keluarga harmonis bagi keluarga yang tidak memiliki keturunan yaitu keluarga yang didalamnya diliputi rasa keimanan setiap pasangan, adanya rasa ketentraman, kedamaian, kerukunan dan kebahagian. Sedangkan untuk strategi dalam mempertahankan keutuhan keluarganya ialah adanya rasa menerima, pengertian, kasih sayang, tanggung jawab, selalu bermusyawarah, tidak saling menyalahkan dan pengangkatan anak. Persepsi dan strategi tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:40
Last Modified: 31 May 2023 08:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23235

Actions (login required)

View Item View Item