DAMPAK FATHERLESS TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK MENURUT PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KLITHIK KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI)

Luthfiyanti, Fadilla Amalia (2023) DAMPAK FATHERLESS TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK MENURUT PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KLITHIK KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Fadilla Amalia 101190203 Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Luthfiyanti, Amalia Fadilla 2023. Dampak Fatherless Terhadap Tumbuh Kembang Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus di Desa Klithik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr.Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci: Fatherless, Tumbuh Kembang Anak, Hukum Kelaurga Islam
Fatherless merupakan fenomena masalah kesenjangan dalam keluarga dimana sosok dan peran ayah tidak maksimal dalam tumbuh kembang anak. Sehingga dari fenomena tersebut memunculkan beberapa akibat seperti hak-hak anak yang tidak terpenuhi secara baik serta menimbulkan dampak dan implikasi pada pengasuhan anak. Yang mana dalam konteks hukum keluarga Islam, ayah memiliki peran penting dalam pembentukan dan pengasuhan anak.
Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian di Desa Klithik. Dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana tinjauan hukum keluarga Islam terhadap pemenuhan hak-hak anak dalam keluarga fatherless di Desa Klithik Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi?. 2) Bagaimana tinjauan hukum keluarga Islam terhadap implikasi dan dampak pola asuh keluarga fatherless pada tumbuh kembang anak di Desa Klithik Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi?.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kualitatif. Data primer berupa hasil wawancara kepada Orang Tua terutama ibu yang dikategorikan sebagai keluarga fatherless di Desa Klithik. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, berupa catatan atau tulisan,
Penelitian ini menemukan hasil dari segi hukum keluarga Islam yaitu pemenuhan hak anak atas nafkah yang al-Baqarah ayat 233, pemenuhan hak anak untuk dipelihara dalam at-Tahrim ayat 6, hak anak mendapatkan pendidikan dalam al-Luqman ayat 17, hak anak dalam memberikan perlindungan dalam an-Nisa ayat 9. Hak anak untuk hidup seperti memberikan makan dan tempat tinggal di jelaskan dalam al-Isra’ ayat 31. Dampak dan implikasi pola asuh keluarga fatherless terbagi menurut kriteria jenis pelaku dan tipe pola asuhnya yaitu pelaku internal yang memiliki kekerabatan dengan anak.Dengan tipe pola asuh situsional berakibat anak menjadi kurang dewasa, manja dan kesulitan bersosialisasi. pola asuh demokratis berakibat pada anak yang lebih dewasa dan mandiri. pola asuh permisif berakibat pada karakter anak kurang dewasa, sering melakukan pelanggaran dan terasing dari keluarga. Kemudian pelaku eksternal dipraktikkan di sekolah dan TPa berimplikasi pada pola asuh otoriter yang berakibat negatif dan positif, dampak negatif terkekang pada aturan, ragu, kecemasan, minder dan komunikasi rendah. sedangkan positifnya sikap disiplin, tanggung jawab, dan penanaman moral baik. Dari jenis dan tipe pola asuh tersebut yang sesuai dengan hukum keluarga Islam yaitu pola asuh demokratis karena masih memperhatikan dan menghargai kebebasan anak serta orang tua memberikan bimbingan penuh pengertian kepada anak agar tidak melakukan perbuatan buruk melanggar hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:37
Last Modified: 31 May 2023 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item