Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Freezer Asi Di Forum Mlarak Peduli Asi Di Ponorogo

Romadhon, Muhammad Nur (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Freezer Asi Di Forum Mlarak Peduli Asi Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210216128-MUHAMMAD NUR ROMADHON-HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Romadhon, Muhammad Nur. Nim.210216128. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Freezer Asi di Forum Mlarak Peduli Asi di Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, MA.g.
Kata kunci: Sewa menyewa, Asi, Hukum Islam.
Salah satu akad muamalah yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah akad IJA<RAH (sewa-menyewa).Kegiatan (sewa) yang terjadi dimasyarakat modern saat ini sangat banyak sebut saja IJA<RAH (sewa) dalam persewaan freezer ASI. Bisnis persewaan freezer yang sekarang ini menjadi salah satu bisnis yang digandrungi oleh kalangan ibu milenial. Dalam suatu kegiatan bisnis atau perjanjian sering terjadi wanprestasi atau tidak terpenuhinya hak atau kewajiban oleh salah satu pihak yang ada dalam perjanjian tersebut. ini juga terjadi dalam kegiatan sewa-menyewa freezer ASI di Forum di MPA(Mlarak Peduli Asi). Bentuk wanprestasi yang sering terjadi di Forum MPA yaitu keterlambatan pengembalian freezer yang disewa atau pengembalian frizer dilakukan oleh penyewa yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian yang disepakati.Barang yang disewa terkadang mengalami kerusakansecara fisik atau dzatnya yang kerusakan tersebut disebabkan oleh penyewa freezer.Pernah juga terjadi barang atau freezer yang disewakan dimodifikasi oleh si penyewa freezer.
Dari kasus tersebut muncul sebuah pertanyaan akad Sewa-menyewa Freezer ASI di Forum Mlarak tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap akad Sewa-menyewa Freezer ASI di Forum Mlarak Peduli ASI di Kecamatan Mlarak Ponorogo? Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap sistem pembayaran dalam Sewa-menyewa Freezer ASI di Forum Mlarak Peduli ASI di Kecamatan Mlarak Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa Akad yang dilakukan oleh persawaan Forum Mlarak Peduli Asi dan pihak penyewa adalah sebagian sudah sesuai dengan rukun dan syarat IJA<RAH. Rukun yang tidak sesuai diantaranya, ketidak jelasan akad yang terjadi antara pihak penyewa dengan pihak yang menyewakan seperti, pihak yang menyewakan freezer Asi tidak menjelaskan secara detail terkait kewajiban penyewa untuk menjaga merawat barang tersebut. Dan rukun yang sudah sesuai diantaranya, aqaid, ujrah, objek sewa. Sedangkan pada syarat sahnya Ija>rah terdapat sebagian yang belum sesuai diantaranya, ketentuan aqid khususnya pada syarat ketentuan pihak penyewa yang masih belum terpenuhi. Sedangkan untuk Ganti rugi yang dilakukan oleh persewaan Forum Mlarak Peduli Asi adalah sebagian sudah sesuai dengan ketentuan pembayaran ganti rugi. Akan tetapi terdapat beberapa pembayaran ganti rugi yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:39
Last Modified: 31 May 2023 08:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23233

Actions (login required)

View Item View Item