Analisis Pemikiran Yusuf Qaradawi Tentang Penyaluran Dana Zakat Untuk Pembangunan Masjid

Yanti, Ayu Ariska (2023) Analisis Pemikiran Yusuf Qaradawi Tentang Penyaluran Dana Zakat Untuk Pembangunan Masjid. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190059-Ayu Ariska Yanti-HES.pdf

Download (900kB)

Abstract

Zakat pada dasarnya diperuntukan kepada delapan golongan asnaf, seperti yang telah tercantum dalam Qs. At-Taubah ayat 60, dalam hal ini masih terdapat daerah-daerah yang menggunakan dana zakat untuk kebutuhan masjid, dimana terdapat perbendaan pendapat ulama dalam hal ini. Mayoritas ulama terdahulu memaknai fii sabilillah dengan peperangan, dan melarang penyaluran dana zakat untuk kegiatan kemaslahatan seperti pembangunan masjid. Berbeda dengan ulama terdahulu, Yu>suf Qarad{a>wi> yang merupakan ulama kontemporer meluaskan makna fii sabilillah dengan berbagai macam jihad dan memperbolehkan penyaluran dana zakat untuk pembangunan masjid di negara miskin yang padat penduduk, dengan mengacu pada hadis dan menggunakan qiyas untuk memperkuat pendapatnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana istinbath hukum Yu>suf Qarad{a>wi> tentang penyaluran dana zakat untuk pembangunan masjid dan relevansi pemikiran Yu>suf Qarad{a>wi> tentang penyaluran dana zakat untuk pembangunan masjid di Indonesia.
Adapun Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu telaah sistematis atas catatan-catatan atau dokumen-dokumen sebagai sumber data. Metode ini digunakan untuk menganalisis pemikiran Yu>suf Qarad{a>wi> yang berkaitan dengan penyaluran dana zakat.
Hasil pembahasan ini menunjukan bahwa pendapat Yu>suf Qarad{a>wi> tentang memperboleh penyaluran dana zakat untuk pembangunan masjid kurang relevan jika diterapkan di Indonesia di mana setiap pelosok daerahnya sudah terdapat bangunan masjid walaupun sederhana. Namun, jika di Indonesia masih terdapat daerah yang sudah memiliki masjid dengan keadaan memerlukan perbaikan ulang dan tidak mempunyai dana untuk selain dana zakat, pendapat Yu>suf Qarad}a>wi> dapat relevan dalam keadaan di Daerah tersebut. Dalam melakukan istinbath hukum mengenai penyaluran dana zakat untuk pembangunan masjid Yu>suf Qarad}a>wi> menggunakan qiyas dengan mengqiyaskan Fii Sabilillah dan Pembangunan masjid dengan Illat sama-sama kebaikan di jalan Allah,, dengan berlandaskan Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 60 dan hadist Nabi SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khotifatul Defi Nofitasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:36
Last Modified: 06 Jun 2023 06:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item