Dampak Pelaksanaan Kebijakan Relokasi Pasar Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Subuh Balong Ponorogo

Pujirahayu, Gustin (2023) Dampak Pelaksanaan Kebijakan Relokasi Pasar Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Subuh Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190076_ GUSTIN PUJIRAHAYU _ EKONOMI SYARIAH .pdf

Download (957kB)

Abstract

Pujirahayu, Gustin. Dampak Pelaksanaan Kebijakan Relokasi Pasar Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Subuh. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri,M.S.Ak.
Kata kunci: Dampak, Kebijakan, Pasar, Pedagang.

Kebijakan relokasi pasar subuh Balong dilakukan oleh pemerintah daerah pada tahun 2018 dengan tujuan diantaranya yaitu, penataan wilayah, mengurangi kemacetan, dan penyebaran interaksi masyarakat, serta menumbuhkan titik ekonomi baru. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja masalah atau kendala yang dihadapi pedagang atas kebijakan relokasi pasar subuh Balong, (2) Bagaimana kritikan pedagang terhadap pelaksanaan kebijakan relokasi pasar subuh Balong, (3) Bagaimana dampak relokasi pasar subuh Balong terhadap pendapatan pedagang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi pedagang terhadap adanya kebijakan relokasi pasar tradisional subuh Balong, menganalisis kritikan pedagang terhadap relokasi pasar subuh Balong, dan menganalisis dampak relokasi pasar subuh Balong terhadap tingkat pendapatan pedagang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal ini dilakukan kajian terhadap pasar yang dipindahkan ke lokasi baru. Beberapa orang yang menjual barang di pasar tidak mau pindah, akan tetapi akhirnya mereka setuju. Setelah pindah, banyak pedagang mengeluh bahwa lokasi baru itu kurang bagus, sarana dan prasarana yang kurang memadai, lokasi blok atau lapak bercampuran, serta terlalu sulit untuk ditemukan oleh pembeli. Hampir semua pedagang mengalami dampak negatif dari relokasi pasar tersebut seperti penurunan pendapatan. Penurunan pendapatan pedagang berkisar 40% sampai 50%, yang mana tidak hanya dari satu sektor saja melainkan hampir semua sektor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:32
Last Modified: 05 Jun 2023 00:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item