Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Ladys.id Ponorogo)

Tindaresa, Ingwa Nindys (2023) Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Ladys.id Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401180221_Ingwa Nindys Tindaresa_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Tindaresa, Ingwa Nindys. Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moch. Faizin, M.SE.
Kata kunci: Store atmosphere, Harga, Emosi Positif dan Impulse Buying
Kemajuan teknologi semakin canggih. Media sosial banyak digunakan untuk berjualan secara online. Belanja online ini tidak terdapat toko nyata, akan tetapi masih ada yang memiliki toko secara nyata. Salah satu toko Ladys.id Ponorogo. Ladys.id Ponorogo ini ramai akan pembeli. Akan tetapi pelanggan mengeluhkan terkait store atmosphere Ladys.id Ponorogo. Lingkungan sekitar toko yang masih dikelilingi perpohonan, persawahan, akses menuju toko harus masuk jalan gang. Tempat parkir yang luas tapi belum terdapat peneduh, penaatan rak masih kurang menonjol, arus lalu lintas didalam toko terasa sempit. Belum adanya tempat duduk untuk pelanggan. Harga yang ditawarkan masih tergolong mahal, meski barang atau produk yang ditawarkan sama kualitasnya. Beberapa hal diatas membuat kurangnya rasa nyaman dan senang, kurangnya antusias pelanggan yang dapat mempengaruhi pada emosi dari pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian. Emosi positif akan memberikan dorongan pada pelanggan untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian. Terlebih pembelian secara tidak terencana atau pembelian yang dilakukan secara spontan tanpa ada rencana terlebih dahulu yang disebut dengan impulse buying.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan harga terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini seluruh pelanggan Ladys.id. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria pelanggan minimal 1-2 kali mengunjungi atau membeli di Ladys.id. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t test, uji f test dan uji koefisien determinasi (R2) dan uji analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap emosi positif. Store atmosphere, harga dan emosi positif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, sedangkan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Emosi positif merupakan variabel intervening akan tetapi tidak mampu memediasi antara store atmosphere dan harga terhadap impulse buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:34
Last Modified: 31 May 2023 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23222

Actions (login required)

View Item View Item