ANALISIS MASLAHAH TERHADAP PROGRAM WARUNG TEKAN INFLASI DI KOTA MADIUN

Hidayat, Moh. Sofyan (2023) ANALISIS MASLAHAH TERHADAP PROGRAM WARUNG TEKAN INFLASI DI KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190023_MOH. SOFYAN HIDAYAT_HES.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Hidayat, Moh. Sofyan. 2023. Analisis Mas}lah}ah Terhadap Program Warung Tekan Inflasi di Kota Madiun. Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata Kunci: Mas}lah}ah, Inflasi, Stabilitas Harga
Warung tekan inflasi merupakan suatu kebijakan dari Pemerintah Kota madiun yang berupa program pemberian subsidi harga barang kebutuhan pokok kepada masyarakat Kota Madiun. Program warung tekan inflasi ini diadakan dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga dan menekan inflasi di Kota Madiun. Menjaga stabilitas harga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemerintah sebab ketidakstabilan harga dapat memunculkan inflasi. Di samping itu, inflasi yang berlebihan akan membawa dampak buruk berupa rusaknya prekonomian pada suatu daerah. Maka untuk menjaga stabilitas harga dan menekan inflasi, pemerintah Kota Madiun membuat suatu kebijakan berupa program warung tekan inflasi. Dalam membuat suatu kebijakan, pemerintah perlu memperhatikan mas}lah}ah agar kebijakan yang dibuat dapat memberikan manfaat dan kebaikan, serta tidak menimbulkan kerugian maupun masalah baru. Oleh karena itu, memperhatikan kemaslahatan merupakan suatu hal yang penting bagi pemerintah dalam membuat suatu kebijakan agar dapat menjadi pertimbangan terhadap dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis mas}lah}ah terhadap aspek stabilitas harga dalam program warung tekan inflasi di Kota Madiun? Bagaimana analisis mas}lah}ah terhadap aspek menekan inflasi dalam program warung tekan inflasi di Kota Madiun?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa pertama, aspek stabilitas harga dalam program warung tekan inflasi memberikan kemaslahatan berupa mencegah fluktuasi harga yang berlebih di Kota Madiun. Dengan harga yang stabil dan terjangkau, membuat masyarakat Kota Madiun dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan mudah tanpa terbebani oleh fluktuasi harga yang tidak terduga. Kedua, aspek menekan inflasi dalam program warung tekan inflasi di Kota Madiun memberikan kemaslahatan berupa rendahnya tingkat inflasi di Kota Madiun. Dengan inflasi yang rendah dan terkendali, membuat harga barang dan jasa di Kota Madiun tetap dalam keadaan stabil.
Program warung tekan inflasi ini diharapkan dapat membuat harga bahan kebutuhan pokok di Kota Madiun bisa tetap stabil dan terjangkau sehingga masyarakat tidak terbebani dan tidak dikejutkan dengan kenaikan harga komoditas yang secara tiba-tiba. Selain itu, program warung tekan inflasi di Kota Madiun ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah Kota Madiun dalam mengendalikan laju inflasi, sehingga stabilitas ekonomi di Kota Madiun dapat tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:33
Last Modified: 31 May 2023 08:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item View Item