Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Item Pada Game Online Mobile Legends

Fasriansah, Muhammad (2023) Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Item Pada Game Online Mobile Legends. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210716156_Muhammad Fasriansah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Konsep sosial Islam sangat jelas memberikan batasan dan kemampuan manusia untuk berekspresi dan berinovasi yang tidak keluar dari norma etika. Etika dalam berbisnis seperti yang telah diteladani Rasulullah di mana sewaktu muda ia berbisnis dengan memperhatikan kejujuran, kepercayaan dan ketulusan serta keramah-tamahan. Seorang pengusaha dalam pandangan Islam bukan sekedar mencari keuntungan melainkan juga keberkahan yaitu kemantapan dari usaha itu dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan diridhai Allah swt. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah observasi dan wawancara, adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif yaitu dengan menekankan penggalian data terlebih dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh tersebut dengan menggunakan teori etika bisnis Islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan etika jual beli Islam terhadap bentuk atau fitur jual beli item pada game online Mobile Legends sudah menggunakan prinsip atau sifat yang diterapkan dalam etika bisnis Islam. Sifat yang diterapkan yaitu sifat kejujuran, sifat tidak bersumpah palsu, sifat amanah, sifat menakar yang benar, dan sifat saling menguntungkan. Penerapan etika jual beli Islam terhadap mekanisme transaksi jual beli item pada game online Mobile Legends ada tiga metode yaitu melalui game tersebut, melalui website, dan melalui pihak ketiga atau konter. Penerapan mekanisme transaksi dalam jual beli ini sudah sesuai dengan prinsip atau sifat yang diterpakan dalam etika bisnis Islam.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Game Online, Etika Jual Beli.

Abstract: Social Islamic concept is very obvious giving boundaries and the human ability to express and innovate that does not come out from ethical norms. Ethics in business as exemplified by Rasulullah SAW when he was young by paying attention to honesty, trust, and sincere also affability. Entrepreneurs from an Islamic perspective are not just for profit but a blessing that steadiness from their business by obtaining a reasonable profit and pleasing Allah swt. The research method used in this study is to use qualitative research method. Whereas the data collection technique that is carried out by the author is observation and interview. The analytical method used in this study is inductive analysis that is emphasizing data mining first, and then drawing conclusions based on the data obtained using Islamic Business Ethics Theory. From this study, we can conclude that the implementation of Islamic trade in the form of features of buying and selling in the Mobile Legends online game has been using principles or characteristics of Islamic Business. The implementation of characteristics is honesty, no perjury, trust, correct measure, and mutual benefit. There are three methods of implementing Islamic trade ethics in the item transaction mechanism in the Mobile Legends online game, that is through the game itself, through the website, and third parties or outlets. The implementation of transaction mechanisms in selling and buying has been following the principles or characteristics applied in Islamic business ethics
Keywords: Islamic Business Ethics, Online Game, Trade Ethics

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:32
Last Modified: 31 May 2023 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item