TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA DEKORASI RESEPSI PERNIKAHAN PADA APRIL WEDDING DI DESA BRINGINAN JAMBON PONOROGO

Ruffikasari, Avif Huldiana (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA DEKORASI RESEPSI PERNIKAHAN PADA APRIL WEDDING DI DESA BRINGINAN JAMBON PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190004_AVIF HULDIANA RUFFIKASARI_HES (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ruffikasari, Avif Huldiana, 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Sewa Menyewa Dekorasi Resepsi Pernikahan Pada April Wedding Di Desa Bringinan Jambon Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Farida Sekti Pahlevi, S.Pd.,S.H.,M.Hum
Kata kunci : Hukum Islam, Sewa Menyewa, Dekorasi Resepsi Pernikahan

Muamalah ialah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain baik yang bersifat tolong-menolong tanpa mengharap balasan kecuali dari Allah SWT, tujuan mencari keuntungan. Bentuk dari muamalah tersebut adalah sewa menyewa. Praktik sewa menyewa dekorasi resepsi pernikahan pada April Wedding menerapkan pembayaran sewa menggunakan uang muka (‘urbu<n)\. Uang muka itu sendiri dilakukan sebagai tanda jadi penyewa berlanjut, maka uang tersebut terhitung menjadi uang pembayaran sewa. Jika sewa batal uang muka tidak akan kembali/hangus. Maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai hangusnya uang muka dan penyelesaian wanprestasi sewa menyewa dekorasi tersebut.
Rumusan masalah yang diambil penulis dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad sewa menyewa dekorasi resepsi pernikahan pada April Wedding di Desa Bringinan Jambon Ponorogo dan 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi sewa menyewa dekorasi resepsi pernikahan pada April Wedding di Desa Bringinan Jambon Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisa induktif. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data penulis menggunakan metode triangulasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan akad sewa menyewa dekorasi resepsi pernikahan pada April Wedding sepenuhnya belum sesuai dengan rukun dan syarat ijārah, karena terdapat syarat yang cacat yaitu, terdapat pada pelaksanaan pengupahan sewa menyewa yang masih tertunda. Penyelesaian wanprestasi sewa menyewa dekorasi resepsi pernikahan pada April Wedding mengenai pengambilan uang muka yang menjadi hak milik pihak persewaan adalah diperbolehkan dalam hukum Islam. Sebagaimana pada Pasal 308 (3) KHES disebutkan bahwa “Uang muka ijārah tidak harus dikembalikan oleh pihak yang menyewakan jika pembatalan ijārah dilakukan oleh pihak yang akan menyewa”, karena uang muka ini dijadikan sebagai ganti rugi bagi pihak persewaan akibat sewa batal tersebut. Sedangkan penyelesaian wanprestasi pengupahan sewa April Wedding bisa dikatakan terpenuhi dengan hukum Islam, karena penyelesaian wanprestasi yang dilakukan dengan cara musyawarah sehingga dapat memberikan kesempatan kepada penyewa untuk menyelesaikan kewajibannya dalam melunasi sisa pembayaran uang sewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:26
Last Modified: 31 May 2023 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23215

Actions (login required)

View Item View Item