Pengaruh Trend dan Gaya Hidup Fashionable Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo

Noviana, Rindang Berti (2023) Pengaruh Trend dan Gaya Hidup Fashionable Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190040_RINDANG BERTI NOVIANA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku konsumtif dianggap sebagai sifat ataupun karakter dari kehidupan modern. Trend dan gaya hidup fashionable merupakan sebuah sifat atau ciri dari kehidupan modern beriringan dengan perkembangan teknologi dan globalisasi. Perilaku konsumtif dipengaruhi oleh nafsu yang mengutamakan kesenangan dan keinginan daripada kebutuhan. Akibatnya tanpa pertimbangan yang matang individu lebih mudah melakukan konsumsi yang tidak sesuai dengan kebutuhan pokoknya sendiri. Konsumsi terhadap trend fashion terjadi pada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Dari hasil angket mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo sebanyak 66,7% merupakan produk fashion paling sering dibeli.
Rumusan masalah dalam penelitian in adalah: (1) bagaimana pengaruh trend terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (2) bagaimana pengaruh gaya hidup fashionable terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (3) bagaimana pengaruh trend dan gaya hidup fashionable secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitiaan kuantitatif dan teknik samplingnya yaitu teknik insidental. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan uji t dan regresi linear berganda dengan uji F dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25.
Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh trend trerhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo karena nilai thitung > ttabel (12,079 > 1,987934), sehingga besar pengaruhnya 62,9%. (2) terdapat pengaruh gaya hidup fashionable terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo karena nilai thitung > ttabel (6,439 > 1,987934), sehingga besar pengaruhnya 32,5%. (3) secara simultan terdapat pengaruh trend dan gaya hidup fashionable terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo karena Fhitung > Ftabel (76,217 > 3,103839), sehingga besar pengarunya 64,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:06
Last Modified: 31 May 2023 08:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item View Item