Efektivitas Pembacaan Taklik Talak terhadap Pemahaman Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga (Studi Kasus di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo)

Zamzami, Maulida Rahma (2023) Efektivitas Pembacaan Taklik Talak terhadap Pemahaman Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga (Studi Kasus di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190224_Maulida Rahma Zamzami_HKI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zamzami, Maulida Rahma 2023. Efektivitas Pembacaan Taklik Talak terhadap Pemahaman Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Taklik Talak, Rumah Tangga, Efektivitas Hukum
Taklik talak merupakan suatu perjanjian yang diucapkan oleh mempelai pria setelah akad nikah dilaksanakan. Perjanjian yang tercantum dalam akta nikah berupa janji talak yang digantungkan kepada suatu keadaan tertentu yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Taklik talak sebelum diucapkan suami harus dipahami terlebih dahulu agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan tujuan. Namun ternyata masih banyak pengantin yang tidak memahami maksud dari taklik talak tersebut. Sehingga penelitian ini akan mencari tahu efektivitas pembacaan taklik talak terhadap pemahaman suami istri dalam membina rumah tangga dengan menggunakan teori efektivitas hukum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap implementasi pembacaan taklik talak di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap upaya penghulu KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dalam memberikan pemahaman kepada pengantin mengenai taklik talak? bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembacaan taklik talak di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembacaan taklik talak di KUA Kecamatan Babadan masih kurang efektif dalam penerapannya, karena dari penegak hukumnya terkadang masih belum konsisten dalam menawarkan kepada pengantin. Mengenai upaya yang dilakukan pihak KUA Kecamatan Babadan terutama penghulu masih kurang efektif, dikarenakan upaya yang dilakukan oleh penegak hukum belum berjalan secara maksimal. Pelaksanaan pembacaan taklik talak di KUA Kecamatan Babadan ini masih kurang efektif, karena terdapat faktor yang menghambat pelaksanaannya seperti faktor masyarakat yang masih awam dengan pelaksanaannya, penegak hukum yang hanya memiliki waktu terbatas, dan tidak terdapat sarana yang mendukung penegak hukum, seperti program secara khusus. Akan tetapi terdapat juga faktor yang mendukung pelaksanaannya seperti faktor hukumnya yang sudah baik dan terdapat upaya dari pihak penegak hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:26
Last Modified: 31 May 2023 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item