Strategi Marketing Mix Wisata Kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun

Sholiha, Luthfi Rahmatu (2023) Strategi Marketing Mix Wisata Kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
401180240_LUTHFI RAHMATU SHOLIHA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan usaha kuliner semakin ketat hal ini ditunjukkan dengan banyaknya kompetitor dengan produk yang berkualitas, dengan demikian menyebabkan pelaku usaha harus benar-benar memperhatikan strategi yang diterapkan pada usahanya. Oleh sebab itu dibutuhkan penerapan strategi yang mampu untuk bersaing dengan kompetitor.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Strategi Marketing Mix pada usaha wisata kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan objek usaha kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Strategi Marketing Mix Wisata Kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun? 2. Bagaimana Dampak Strategi Marketing Mix terhadap eksistensi wisata kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun? Dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif dimana peneliti melakukan pengamatan terkait penerapan Strategi Pemasaran pada usaha kuliner Rumah Cokelat Bodag Madiun secara keseluruhan, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan secara umum.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah wisata Rumah Cokelat Bodag Madiun sudah menerapkan ketujuh unsur Bauran Pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, prosess secara penuh, namun ada unsur Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) yang perlu dimaksimalkan yakni (place) tempat yang kurang strategis karena jauh dari pusat kota dan alat produksi yang beberapa masih belum modern karena disebabkan kurangnya modal usaha. Sehingga berpengaruh pada kuantitas produksi. Dampak dari penerapan Strategi bauran pemasaran bagi eksistensi wisata rumah cokelat bodag yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, prosess berdampak signifikan. Hal ini dapat dilihat dari penerapan ketujuh unsur strategi Bauran pemasaran (Marketing Mix) yang sudah diterapkan dengan baik, namun ada beberapa unsur yaitu pada tempat (place) dan (process) yang belum maksimal, oleh karena itu dampak yang terjadi adalah dapat mengetahui unsur strategi Bauran pemasaran (marketing mix) yang perlu ditingkatkan dan mengatasi masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:15
Last Modified: 31 May 2023 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23206

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item