Pengaruh Fasilitas dan Daya Tarik Wisata Terhadap Loyalitas Pengunjung Pada Objek Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

Rahmadani, Lusy Yuliana (2023) Pengaruh Fasilitas dan Daya Tarik Wisata Terhadap Loyalitas Pengunjung Pada Objek Wisata Telaga Ngebel Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190274_Lusy Yuliana Rahmadani_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Loyalitas pengunjung merupakan persentase dari pengunjung yang bertahan sebagai pelanggan yang ingin melanjutkan penggunaan jasa atau produk dan merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain. Loyalitas pengunjung dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu fasilitas dan daya tarik wisata. Keberhasilan pengembangan tempat wisata, bisa dilihat dari seberapa banyak pengunjung yang datang. Meningkatkan kunjungan wisata dibangun dari terciptanya kepuasan dan loyalitas pengunjung terhadap destinasi wisata yang telah dikunjungi. Setiap destinasi wisata harus mampu menyediakan fasilitas wisata yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung serta harus mampu mengemas daya tarik wisatanya agar dapat menarik minat kunjungan wisata kembali. Sehingga, dengan meningkatkan fasilitas dan daya tarik wisata dapat pula meningkatkan loyalitas pengunjung, begitu sebaliknya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersifat kuantitatif berupa pertanyaan kuesioner dari indikator variabel yang diteliti, kemudian dibagikan kepada para pengunjung wisata Telaga Ngebel Ponorogo sebanyak 97 responden. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas dan daya tarik wisata terhadap loyalitas pengunjung di Telaga Ngebel Ponorogo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Daya tarik wisata terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Secara simultan, fasilitas dan daya tarik wisata terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung di Telaga Ngebel Ponorogo. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,548. Artinya variabel fasilitas dan daya tarik wisata memberikan sumbangan atau kontribusi pengaruh secara bersama-sama sebesar 54,8% terhadap variabel loyalitas pengunjung dan sisanya 45,2% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:14
Last Modified: 31 May 2023 08:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23205

Actions (login required)

View Item View Item