Pengembangan Wisata Kuliner Desa untuk Peningkatkan Penghasilan Masyarakat (Studi pada Wisata “Peken Lawas Candimulyo” Dolopo Kabupaten Madiun)

Khusnati, Amalia (2023) Pengembangan Wisata Kuliner Desa untuk Peningkatkan Penghasilan Masyarakat (Studi pada Wisata “Peken Lawas Candimulyo” Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AMALIA KHUSNATI_210716040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan wisata adalah serangkaian usaha untuk merealisasikan sumber-sumber daya wisata secara terpadu dalam beberapa aspek di luar wisata baik secara langsung atau tidak langsung. Ada alasan tersendiri bagi yang mengujungi. Oleh karena itu penilitian ini merumuskan masalah untuk mengetahui; Bagaimana pengembangan wisata kuliner desa Candimulyo?; Bagaimana faktor pendorong dan penghambat pengembangan wisata?; Bagaimana dampak pengembangan wisata kuliner desa untuk peningkatan penghasilan masyarakat?.
Tujuan utama penilitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan wisata kuliner desa di Peken Lawas Candimulyo, untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan pengembangan wisata kuliner desa, untuk mengetahui dampak pengembangan wisata kuliner desa yang ada di desa Candimulyo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode kualitatif dengan teknik wawancar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti ada rencana untuk mengembangan wisata menjadi lebih besar tetapi masih terkendala oleh ide mau dikembangkan seperti apa, pedagang yang berjualan juga merasakan daampak dari adanya wisata kuliner ini karena mereka mendapat tambahan penghasilan dari hasil berjualan.
Sektor wisata diibaratkan suatu industri yang memilki korelasi yang panjang dan mampu menjaga sinergi pertumbuhan usaha mikro dengan home industry. Sektor wisata dapat menampung sumber daya setempat (local resources based) utamanya bahan baku yang relativ tidak akan pernah habis atau terbaharui (renewable resources). Sektor wisata tidak akan pernah over supplay sebab memilki spesifikasi produk yang khas dimana kondisi krisis / resesi tidak begitu memperbaharuinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 07:02
Last Modified: 31 May 2023 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23200

Actions (login required)

View Item View Item