Strategi Bauran Pemasaran pada Hens Mode Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen

Ni'mah, Mar'atul Masykurotun (2023) Strategi Bauran Pemasaran pada Hens Mode Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_maratul m nimah_401190110.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ni'mah, Mar'atul Masykurotun. Strategi Bauran Pemasaran pada Hens Mode
Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. 2023. Jurusan
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, dan Minat Beli
Suatu bisnis atau usaha dapat bertahan jangka panjang karena adanya minat
dan kesetiaan dari konsumen yang tinggi. Maka, untuk meningkatkan minat beli
konsumen suatu usaha dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.
Salah satunya dengan bauran pemasaran.
Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi bauran pemasaran di Hens
Mode Ponorogo dalam meningkatkan minat pembelian konsumen. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran dalam
meningkatkan minat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara dan observasi yang berkaitan dengan bauran pemasaran di Hens Mode
Ponorogo. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif. Analisis data dengan cara menganalisis semua data berupa
gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti di Hens Mode Ponorogo
dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu bauran pemasaran.
Penelitian dilakukan di Hens Mode Ponorogo yang berlokasi di Jl. Niken Gandini
No. 29 Kel. Kadipaten Kec. Babadan Kab. Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Hens Mode Ponorogo membaurkan ke
empat elemen bauran pemasaran sebagai strategi dalam meningkatkan minat beli
konsumen. Produk (product), produk-produk yang dihasilkan oleh Hens Mode
Ponorogo masuk dalam klarifikasi produk konsumen dan memenuhi dua tingkatan
produk core benefit dan expected product. Harga (price), strategi penentuan harga
yang digunakan yaitu: multiple unit pricing (harga rabat) dan pricing lining (harga
lini). Tempat/lokasi (place), pemilihan tempat atau lokasi produksi Hens Mode
Ponorogo sudah mempertimbangkan secara keseluruhan faktor yang ada, tetapi
pada faktor tempat parkir yang luas dan ekspansi tidak dapat diterapkan
dikarenakan merupakan lokasi yang padat penduduk. Promosi (promotion), strategi
promosi yang digunakan oleh Hens Mode Ponorogo dengan hubungan masyarakat
(public relations), personal selling, dan word of mouth. Berdasarkan hasil
penelitian dengan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place,
dan promotion, dapat disimpulkan bahwa seluruh faktor memiliki dampak terhadap
meningkatnya minat beli konsumen di Hens Mode Ponorogo dibuktikan dengan
adanya pelanggan baru yang datang untuk menggunakan jasa Hens Mode
Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 07:12
Last Modified: 31 May 2023 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23198

Actions (login required)

View Item View Item