Pengaruh Gaya Hidup, E-Commerce, dan Pendapatan, terhadap Perilaku Konsumtif Nasabah Pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile Generasi Milenial di Ponorogo

Kahfi, Farid (2023) Pengaruh Gaya Hidup, E-Commerce, dan Pendapatan, terhadap Perilaku Konsumtif Nasabah Pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile Generasi Milenial di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190210_FARID AHMADA KAHFI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku konsumtif dapat muncul tidak terlepas dari kondisi perkembangan teknologi yang memberikan perubahan signifikan terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses segala hal. Nasabah sekarang bisa mengetahui dan memperoleh informasi yang diinginkan dalam sekejap saja, serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja mereka berada. Dengan adanya fenomena tersebut sekarang ini banyak sekali bermunculan pelayanan yang memudahkan nasabah. Hal itu menjadikan psikografis nasabah berubah yang lebih cenderung menjelajah dan menghabiskan waktu untuk berselancar kedalam jejaring internet contohnya e-commerce yang menjadi media pendukung perilaku konsumtif nasabah kemudian itu didukung dari pendapatan nasabah yang berpengaruh terhadap tingkat konsumsi nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya hidup, e-commerce, dan pendapatan, terhadap perilaku konsumtif nasabah pengguna bank syariah indonesia mobile generasi milenial di Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi tidak diketahui dan jumlah sampel 97 responden yang ditentukan berdasarkan rumus bailey. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah melakukan wawancara dan menyebarkan kuisoner kepada 97 nasabah pengguna bsi mobile generasi milenial di Ponorogo. Teknik analisis data yang dialakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan spss 22.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, secara persial gaya hidup, e-commerce, dan pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada nasabah. Secara simultan gaya hidup, e-commerce, dan pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada nasabah pengguna bsi mobile generasi milenial di Ponorogo. Sebesar 66% variabel perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh variabel gaya hidup, e-commerce, dan pendapatan. Sedangkan sisanya yaitu 34% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 06:38
Last Modified: 31 May 2023 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23188

Actions (login required)

View Item View Item