Strategi Pricing Syariah dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha Rika Decoration

'Ainika, Rizky (2023) Strategi Pricing Syariah dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha Rika Decoration. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401180305_Rizky Dwi Ayu 'Ainika_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

‘Ainika, Rizky Dwi Ayu. Strategi Pricing Syariah dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha Rika Decoration. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Amin Wahyudi, M.E.I.
Kata Kunci: Strategi Pricing Syariah, Profitabilitas, Rika Decoration.

Profitabilitas adalah komponen yang digunakan untuk menilai keberhasilan dari perusahaan melalui modal yang digunakan secara efektif dan efisien untuk menghasilkan laba perusahaan yang diharapkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai profitabilitas yang ingin dicapai dengan melakukan pricing. Apabila pricing yang ditetapkan kecil akan berpengaruh dengan profitailitas yang diperoleh akan kecil begitu juga apabila pricing yang ditetapkan besar maka profitabilitas yang akan diperoleh akan besar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pricing Syariah dalam meningkatkan profitabilitas usaha Rika Decoration. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi kepada pemilik usaha serta pelanggan usaha Rika Decoration.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Rika Decoration dalam penentuan harga sudah cukup dalam menerapkan penentuan harga yang rela, transparan, dan tidak ada kedzaliman. Hal tersebut sudah sesuai dengan syarat untuk melakukan penetapan harga syariah. Bukti dari rela ketika kedua belah pihak baik itu pemilik usaha dan pelanggan setuju dengan harga yang ditetapkan. Dan ketika mekanisme penetapan harga pelanggan penyebutkan rincian setiap model agar pelanggan faham dengan rinciannya. Selain itu, dalam penetapan harga tidak memaksakan untuk menyetujui harga yang tidak disepakati salah satu pihak. Dari pricing syariah yang dilakukan oleh usaha Rika Decoration berdampak pada kepuasan pelanggan. Sehingga pelanggan mengalir terus sehingga profitabilitas yang diperoleh bertambah dan membuat usaha Rika Decoration bisa melakukan inovasi dan menambah layanan yang disediakan berupa sewa tenda, alat masak, dan kursi acara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 06:37
Last Modified: 31 May 2023 06:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item