Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023

Arianti, Vita Dwi (2023) Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Vita Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arianti, Vita Dwi. 2023. Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Agus Tricahyo, MA
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman, Metode Bernyanyi, Bahasa Arab.
Kegiatan belajar mengajar adalah esensi dari pendidikan, kegiatan yang terkait dengan belajar mengajar memainkan peran penting dalam pendidikan. Guru harus mampu mengelola ruang kelas, memahami lingkungan belajar, memahami keadaan dan karakteristik siswa agar pendidikan menjadi berkualitas. Guru menghadapi berbagai macam karakter siswa, khususnya dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab. Fenomena yang terjadi yaitu siswa kelas III di MI Al-Huda Kesiman Mojokerto menganggap pembelajaran bahasa Arab sangatlah sulit. Sehingga beberapa dari mereka mengalami kesulitan dalam memahami mufrodat dimana pemahaman mufrodat menjadi salah satu kunci dalam memahami materi bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto, (2) mendeskripsikan hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto melalui metode bernyanyi, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode bernyanyi dalam memahami mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) langkah-langkah penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto yakni Pertama, guru menyiapkan tema materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Kedua, guru mencari jenis lagu atau musik yang disukai anak. Ketiga, guru memodifikasi olah vokal lagu sesuai isi materi pelajaran yang akan disampaikan. Keempat, guru memberikan contoh cara menyanyikan lagu tersebut kepada siswa. Kelima, guru dan siswa menyanyikan bersama. Keenam, guru dan siswa dapat memainkan alat musik sebagai pengiring lagu. Lagu dapat dimainkan secara kelompok, berpasangan, ataupun individu. (2) Hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto melalui metode bernyanyi termasuk dalam tingkat pemahaman rendah yang berarti siswa mampu terjemah mulai dari terjemahan dalam arti sebenarnya semisal, bahasa Arab ke bahasa Indonesia begitu sebaliknya. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai tes mufrodat. Selain itu, dapat dilihat juga ketika siswa diberi pertanyaan siswa berebut untuk menjawab pertanyaan. Siswa juga aktif bertanya jika belum memahami materi. Cara guru untuk mempertahankan pemahaman mufrodat yaitu dengan cara mengulang-ulang materi yang telah disampaikan. Selain itu dari sisi siswa, siswa juga mempelajari lagi di rumah materi yang sudah mereka dapat dari sekolah. (3) Faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode bernyanyi dalam memahami mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto antara lain kreativitas guru dalam memilih metode pembelajaran, tersedianya media yang mendukung pembelajaran, keaktifan siswa, dan rasa semangat siswa. Sedangkan, faktor penghambat yaitu siswa yang belum bisa membaca tulisan arab, rasa malas, suasana kelas yang tidak kondusif, dan kurang tersedia sumber belajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:35
Last Modified: 31 May 2023 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23182

Actions (login required)

View Item View Item