Peran Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Sakha Boutiqe Ponorogo

Sholikah, Mar'atus (2023) Peran Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Sakha Boutiqe Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_MARATUS SHOLIKAH_401190111.pdf

Download (1MB)

Abstract

Praktek perusahaan yang tidak terpuji tidak terlepas dari manajemen sumber daya manusia yang jauh dari nilai-nilai spiritual. Spiritualitas ditempat kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi karena spiritualitas memberikan rasa lebih bermakna dalam hidup dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam lingkup komunitas. Pak Widodo mendirikan Sakha Boutiqe berbasis usaha syariah yaitu kegiatan usaha jual beli yang menggunakan syariat atau hukum Islam sebagai landasan utamanya, maka tentunya dalam menjalankan bisnis ini, nilai-nilai Islam merupakan pondasi yang pokok yang harus digenggam dengan erat. Selain mengejar keuntungan secara duniawi, keberkahan dalam bisnis ini juga merupakan tujuan yang nantinya dapat dirasakan di akhirat. Terlepas adanya spiritualitas yang disuguhkan oleh pemilik Sakha Boutiqe, para karyawan tidak mengalami perkembangan kinerja yang tinggi. Masih ada karwayan yang tidak cekatan dalam menyelesaikan pekerjaannya dalam artian ketika tidak diawasi oleh pemilik usaha maka karyawan sering menunda-nunda pekerjaannya, karyawan juga masih kurang peduli terhadap sesama rekan kerja, mereka beralasan bahwa yang terpenting adalah pekerjaannya selesai tidak peduli rekan kerja yang lain masih memiliki tugas yang membutuhkan bantuan dari rekan kerjanya atau tidak dan terlalu sering istirahat di sela-sela bekerja. Hal itu tidak mencerminkan adanya spiritualitas dalam diri mereka. Sehingga hal ini menarik bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih jauh terkait peran spiritualitas di tempat kerja terhadap kinerja karyawan di Sakha Boutiqe Ponorogo apakah berdampak pada kinerja karyawan atau tidak sama sekali.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kegiatan-kegiatan spiritualitas, kinerja karyawan, dan peran spiritualitas di tempat kerja terhadap kinerja karyawan. Dalam hal ini metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Penelitian kualitatif yang yang dipilih oleh peneliti bersifat deduktif. Yang mana teknik deduktif ini merupakan suatu proses analisis yang berdasar pada hal umum mengarah kekhusus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan-kegiatan spiritualitas dalam meningkatkan kinerja karyawan belum tercapai hal ini disebabkan karena komponen kehidupan batin, makna dan tujuan dalam bekerja, dan perasaan terhubung dan komunitas belum sepenuhnya berpengaruh pada kinerja karyawan. (2) Kinerja karyawan di Sakha Boutiqe dalam segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu dan dampak interpersonal dalam tingkatan bagus dan sesuai dengan pengukuran kinerja karyawan. Sedangkan untuk efektivitas biaya dan pengawasan, kinerja karyawan dikatakan masih rendah dan belum memenuhi pengukuran kinerja karyawan. (3) peran spiritualitas di tempat kerja terhadap kinerja karyawan di Sakha Boutiqe adalah adanya banyaknya sifat yang signifikan yang lahir dengan pemeliharaan spiritualitas ini, seperti memperbaiki etika dan moral para karyawan, kesadaran akan tanggung jawab dan profesionalisme kerja, meningkatnya motivasi dan loyalitas karyawan. Namun, juga masih adanya karyawan yang suka menunda-nunda pekerjaanya, bersikap acuh pada rekan kerja, dan menyepelekan perintah atasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:41
Last Modified: 31 May 2023 04:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item