ANALISIS FAKTOR PENURUNAN PENDAPATAN PETANI TEMBAKAU DI DESA SENDANG, KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO.

Priyatmoko, Pangestu Putut (2023) ANALISIS FAKTOR PENURUNAN PENDAPATAN PETANI TEMBAKAU DI DESA SENDANG, KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PANGESTU PUTUT P_401190149_SKRIPSI_ ANALISIS FAKTOR PENURUNAN PENDAPATAN PETANI TEMBAKAU DI DESA SENDANG (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Priyatmoko, Pangestu Putut. Analisis Faktor Penurunan Pendapatan Petani Tembakau di Desa Sendang Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata Kunci: Penurunan pendapatan, strategi peningkatan pendapatan petani.
Penurunan pendapatan merupakan kondisi dimana pendapatan atau penghasilan yang diterima pada periode saat ini lebih rendah dibandingkan dengan periode sebelumnya. Strategi peningkatan pendapatan merupakan upaya meningkatkan pendapatan dalam suatu bisnis atau usaha agar mencapi hasil yang maksimal.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang menyebabkan penurunan pendapatan petani tembakau. Dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, peneliti menggunakan variabel iklim, luas lahan, harga, tenaga kerja, dan kualitas produk sebagai acuhan penyebab penurunan pendapatan petani tembakau. Setelah data terkumpul, maka selanjutnya melakukan analisis dengan memaparkan data hasil wawancara dan observasi lalu membandingkan dengan teori ahli atau jurnal ilmiah terkait untuk selanjutnya diambil kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: Penyebab penurunan pendapatan petani tembakau di Desa Sendang adalah kualitas dan kuantitas produk yang disebabkan oleh kesalahan petani dalam melakukan penanaman tidak sesuai dengan SOP yang berlaku. Dan faktor Covid-19 juga memberikan pengaruh buruk pada penurunan pendapatan petani tembakau. Sedangkan strategi yang diterapkan petani untuk meningkatan pendapatan di Desa Sendang yang memberikan dampak baik adalah dengan menggunakan sistem pembagian lahan untuk ditanami komoditas sayuran. Sistem tersebut terbukti mampu meningkatkan pendapatan petani tembakau ketika penurunan pendapatan berlangsung. Adapun dampak penerapan strategi peningkatan pendapatan dengan sistem pembagian lahan, petani mampu menyisihkan penghasilannya untuk dijadikan modal tanam tahun selanjutnya dan untuk mencukupi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:25
Last Modified: 31 May 2023 04:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item