KONSEP SELF-LOVE PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA DALAM MENCAPAI KEBAHAGIAAN (Analisis Penafsiran Ayat-ayat Bertema Self-love)

Qurbah, Miftahhul Cornila (2023) KONSEP SELF-LOVE PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA DALAM MENCAPAI KEBAHAGIAAN (Analisis Penafsiran Ayat-ayat Bertema Self-love). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Miftahhul Cornila Q 301190017 IAT ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miftahhul Cornila Qurbah. 2023. Konsep Self-Love Perspektif Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Mencapai Kebahagiaan (Analisis Penafsiran Ayat-ayat Bertema Self-love). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, S.H.I., M. A.
Kata kunci: Self-love, Al-Qur’an, Kebahagiaan.
Pembahasan mengenai pentingnya penerapan self-love saat ini sedang ramai diperbincangkan. Situasi dan kondisi dimasa kini yang seakan menuntut seseorang dalam mencapai standar-standar tertentu dalam masyarakat telah menjadikan individu lupa akan dirinya sendiri. Hal tersebut menjadikan individu tidak dapat menghargai dirinya sendiri, sehingga mereka sulit menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Pada dasarnya, kunci pertama untuk dapat menemukan kebahagiaan adalah dengan mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah tentang mengenal, memahami, menghargai, merawat dan melindungi apa yang ada di dalam dan di luar diri. Dalam ajaran Islam, mencintai diri sendiri juga berkaitan tentang bagaimana memperlakukan diri karena akan berdampak pada bagaimana hubungan dengan Allah, dengan sesama dan bahkan memandang dunia dan akhirat. Berangkat dari latar belakang tersebut, penelitian ini mengambil permasalahan terkait bagaimana konsep self-love dalam Al-Qur’an dan implikasinya dalam meraih kebahagiaan.
Jenis penulisan ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) dan dalam menghimpun ayat Al-Qur’an dengan menggunakan metode maudhui konseptual. Pengumpulan data terdiri atas observasi dan dokumentasi dengan sumber data yang terbagi atas sumber primer dan sekunder. Teknik analisis yang dilakukan adalah dengan mereduksi data berupa ayat-ayat Al-Qur’an dan menyajikan data ayat tersebut serta menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep self-love dijelaskan secara eksplisit dalam Al-Qur’an tetapi terdapat makna yang sesuai dengan substansi dari penerapan self-love seperti muhasabah diri (Al-Baqarah [2]: 286); tawakal (At-Taubah [9]: 51); bersyukur (An-Naml [27]: 40); taqarub (Saba’ [34]: 37). Penerapan konsep self-love tersebut akan melahirkan emosi-emosi positif yang berpengaruh terhadap mencapai kebahagiaan. Emosi atau sikap positif tersebut meliputi upaya dalam mengontrol dan memperbaiki diri, memiliki rasa optimis dan tidak mudah putus asa, bersyukur dan senantiasa melakukan amalan-amalan kebajikan. Emosi-emosi positif tersebut itulah yang akan melahirkan kebahagiaan, kepuasan dan ketenangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:18
Last Modified: 31 May 2023 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item