Promosi Produk Tabungan iB Hijrah Rencana (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun)

Rahmawati, Novita Eka (2023) Promosi Produk Tabungan iB Hijrah Rencana (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190152_Novita Eka Rahmawati_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Rahmawati, Novita. Promosi Produk Tabungan iB Hijrah Rencana (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun). Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata kunci: Media Promosi, Tabungan iB Hijrah Rencana, Dampak Pengetahuan Masyarakat
Promosi pada produk tabungan iB Hijrah Rencana sudah dilakukan sangat maksimal oleh Bank Muamalat KCP Madiun, seperti periklanan, personal selling, cross selling, dan media sosial. Serta sudah melakukan sosialisasi di pondok pesantren, institut sekolah, rumah sakit Islam dan lembaga-lembaga Islam lainnya. Dalam teori Pengetahuan menurut notoatmodjo semakin banyak aspek positif terhadap objek yang diketahui maka, akan semakin positif terhadap objek tersebut. Namun faktanya pemahaman masyarakat tentang produk tersebut belum cukup tepat, hal inilah yang mempengaruhi jumlah nasabah tabungan iB Hijrah Rencana masih sedikit dibandingkan dengan tabungan lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis promosi produk tabungan iB Hijrah Rencana, faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan masyarakat tentang produk tabungan iB Hijrah Rencana, dampak promosi produk tabungan iB Hijrah Rencana terhadap peningkatan jumlah nasabah. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pihak Bank Muamalat KCP Madiun, nasabah dan masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Setelah Bank Muamalat KCP Madiun melakukan promosi, masyarakat sudah mengetahui tentang produk tabungan iB Hijrah Rencana, tetapi masih belum ada keinginan untuk menggunakannya. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu masyarakat sudah memiliki rekening di bank lain dan segi finansial akan kebutuhan yang lebih penting diutamakan. 3) Dampak promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah di Bank Muamalat KCP Madiun sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik FItriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:12
Last Modified: 31 May 2023 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23178

Actions (login required)

View Item View Item