Implementasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong dalam Perspektif Islam

Zahida, Laily Rahmawati (2023) Implementasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong dalam Perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190271_Laily Rahmawati Zahida ES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah mengeluarkan kebijakan sebagai suatu bentuk mengatasi krisis ekonomi dikalangan masyarakat miskin untuk menangani akibat dari dampak Covid-19, yang terjadi pada tahun 2020, program ini diberikan untuk kalangan masyarakat miskin, salah satunya adalah Program Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa atau biasa disebut dengan BLT-DD, Program BLT ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemenuhan kebutuhan pokok, dan mampu mempertahankan ketahanan ekonomi keluarga. Peneliti ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Dalam Perspektif Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dari perangkat desa, Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan warga sekitar. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan kepada masayarakat Desa Karangpatihan pada tahun 2023 yaitu 34 KK. Kontribusi dana BLT sangat membantu terhadap ketahanan ekonomi keluarga yaitu tempat tinggal keluarga, pendapatan keluarga, pembiayaan pendidikan anak, dan jaminan keuangan. Keluarga di desa Karangpatihan yang mendapatkan dana BLT ini lebih banyak digunakan sebagai tambahan pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:13
Last Modified: 31 May 2023 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23177

Actions (login required)

View Item View Item