..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA MARIZA DI MADIUN

Nurmalasari, Devi (2023) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOSERBA MARIZA DI MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
DEVI NURMALASARI_102190108_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurmalasari, Devi 2023. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toserba Mariza Di Madiun. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci/Keywords: Kepuasan Konsumen, Etika Bisnis Islam, Inovasi Produk
Kepuasan Konsumen adalah respon atau tanggapan konsumen atas suatu produk yang telah dikosumsi sebelumnya dan telah membentuk kesan tersendiri di benak konsumen. Oleh sebab itu, segala upaya dilakukan oleh pembisnis untuk mempertahankan maupun meningkatkan kepuasan konsumen. Untuk membangun kepuasan konsumen, pembisnis harus memiliki hubungan yang baik dengan konsumen, sehingga usaha yang dijalankan dapat memahami kebutuhan, keinginan, dan harapan para konsumennya. Adapun pada era sekarang ini banyak bisnis lainnya yang mengalami kemrosotan atau penurunan pendapatan, karena dampak dari persaingan usaha yang sejenis. Namun ada usaha yang sejenis yang unggul dari bisnis lainnya. Dengan melihat kejadian ini, peneliti ingin mengetahui apa yang menjadikan kepuasan konsumen pada usaha tersebut dengan mengukur meggunakan dua indikator yaitu etika bisnis Islam dan inovasi produk . Hal ini karena etika bisnis Islam dan inovasi produk diduga merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
Dari latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah, (1) bagaimana pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun? (2) bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun? (3) bagaimana pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan inovasi produk secara bersamaan terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Mariza di Madiun?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Jumlah responden yang diteliti di Toserba Mariza Madiun sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial etika bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen sebesar 47% dan sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Secara parsial inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 61,7% dan sisanya 38,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Secara simultan etika bisnis Islam dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,00 < nilai sig 0,05. Adapun pengaruh etika bisnis Islam dan inovasi produk secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 62,5%, sedangkan sisanya 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:34
Last Modified: 31 May 2023 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23169

Actions (login required)

View Item View Item