Efektivitas Peran Rafa' (Pemeriksaan Nikah) Dalam Administrasi Pernikahan (Studi di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan)

Fatmawati, Ami (2023) Efektivitas Peran Rafa' (Pemeriksaan Nikah) Dalam Administrasi Pernikahan (Studi di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190010_AMI FATMAWATI_HKI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatmawati, Ami. 101190010 2023. Efektifitas Peran Rafa’ (pemeriksaan nikah) dalam Pernikahan (Studi di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Agus Purnomo, M. Ag.
Kata Kunci: Efektifitas,Rafa’ dan Pernikahan
Rafa’ artinya mengangkat ataupun membimbing atau membina calon pengantin saat sebelum melakukan akad nikah supaya paham serta dapat berjalan mudah dan dapat memenuhi setiap ketentuan serta rukum pernikahan yang ada baik dari segi agama maupun negara. Apabila terjadi proses pemeriksaan nikah ada kekeliruan dalam berkas calon pengantin maka petugas KUA wajib mengembalikan untuk diperbaiki. Sedangkan yang terjadi di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan terkait keefektifas Rafa’ sendiri dirasa kurang maksimalnya dalam hal pengecekan proses rafa’ dan akhirnya terjadi pemalsuan data dari calon pengantin. Dengan demikian jelas terdapat perbedaan antara peraturan undang-undang dengan realitas yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian mengenai efektifitas rafa’ (pemeriksaan nikah) dalam pernikahan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana mekanisme pencatatan dan pemeriksaan dokumen pernikahan dalam proses rafa’ di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana efektifitas terhadap pemeriksaan dokumen pernikahan dalam proses rafa’ di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa lebih lanjut tentang mekanisme dan efektifan rafa’ dalam pernikahan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi.
Dari Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengambilan sampel perbandingan 2 kasus yang ada di KUA Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan ditemukan ketidaktelitian petugas administrasi pernikahan di KUA Kecamatan Kawedanan entah dari sisi keluarga atau dari petugas yang kurang teliti jadi jika diambil dengan peraturan perundang-undangan yang membahasa mengenai efektifitas hukum maka diwilayah petugas tersebut sudah menyalahi aturan tentang pelanggaran berkas rafa’ dan dari segi mekanisme pemeriksaan rafa’ sudah seharusnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan mekanisme yang sudah diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:37
Last Modified: 31 May 2023 04:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item