Pengaruh Biaya Produksi, Luas Lahan, dan Harga Jual terhadap Pendapatan Petani Porang di Desa Selur Ngrayun Ponorogo.

Maulidyani, Lailatul (2023) Pengaruh Biaya Produksi, Luas Lahan, dan Harga Jual terhadap Pendapatan Petani Porang di Desa Selur Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401190099_Lailatul Maulidyani_Ekonomi Syaiah.pdf

Download (826kB)

Abstract

Maulidyani, Lailatul. Pengaruh Biaya Produksi, Luas Lahan, Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Porang Di Desa Selur Ngrayun Ponorogo. Skripsi 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci : Biaya Produksi, Luas Lahan, Harga Jual, Pendapatan.
Pertumbuhan sektor pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian nasional secara keseluruhan. Di wilayah Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo berpofesi sebagai petani yang mana jenis tanaman yang ditanam sekarang mayoritas tanaman porang sehingga disebut dengan petani porang. Berdasarkan hasil wawancara terdapat ketidakstabilan antara biaya produksi yang terjangkau luas lahan yang luas dan harga jual yang tidak stabil. Pendapatan petani porang meningkat apabila biaya produksi yang dikeluarkan rendah dengan harga jual yang tinggi dan luas lahan yang besar. Penelitian ini berjudul Pengaruh Biaya Produksi, Luas Lahan, Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Porang di Desa Selur Ngrayun Ponorogo.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh biaya produksi luas lahan dan harga jual terhadap pendapatan petani porang di Desa Selur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25. Analisis yang dipakai yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa biaya produksi berpengaruh siignifikan terhadap pendapatan petani porang, luas lahan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani porang, harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani porang. Dan biaya produksi luas lahan dan harga jual sercara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap petani porang di Desa Selur Ngrayun Ponorogo dengan variabilitas atau variasi dari pendapatan sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 04:15
Last Modified: 31 May 2023 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23157

Actions (login required)

View Item View Item