Penggunaan Media Game Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMAN 1 Nguntoronadi Wonogiri

Nuraini, Alfia (2023) Penggunaan Media Game Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMAN 1 Nguntoronadi Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190011_ALFIA NURAINI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nuraini,Alfia.2023. Analisis Penggunaan Media Game Edukasi Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMA N 1 Nguntoronadi Wonogiri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Quizizz, Motivasi Belajar

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat membuat banyak perubahan dari berbagai aspek termasuk pendidikan salah satunya mata pelajaran PAI. Sebagian siswa beranggapan bahwa mata pelajaran ini merupakan pembelajaran yang membosankan dan cenderung menyepelekan. Dengan adanya hal tersebut guru PAI semakin tertantang dalam menggunakan teknologi untuk dikolaborasikan dengan pembelajaran untuk mengoptimalisasi suasana pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana penyalur informasi antara guru dengan siswa agar mempermudah pembelajaran. Media yang digunakan yakni berupa Quizizz. Quizizz ini merupakan media yang terintegrasi dengan teknologi internet untuk membantu prses pembelajaran. Quizizz memiliki tampilan yang menarik sehingga dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui analisis penggunaan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 1 Nguntoronadi Wonogiri. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat menggunakan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 1 Nguntoronadi Wonogiri.
Pada data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data disajikan dalam bentuk kata-kata serta dokumen. Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari guru PAI serta siswa kelas XI. Sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di SMA N 1 Nguntoronadi (1) penggunaan Quizizz telah dilakukan di SMA N 1 Nguntoronadi untuk pembelajaran evaluasi dan ice breaking. Penggunaan media Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar siswa karena memiliki bentuk-bentuk motivasi yang mempengaruhi belajar seperti : memberi angka, kompetisi, menampilkan hasil, memberi ulangan, pujian, hasrat untuk belajar. (3) faktor pendukung internal yaitu dukungan dari pihak keluarga dan teman-teman yang memberi semangat dan siswa berhasrat untuk belajar lebih giat, sedangkan faktor pendukung eksternal nya adalah tersedianya fasilitas lengkap oleh sekolah dan diberikan akses dalam membawa HP untuk pembelajaran. Faktor penghambat internal nya adalah kurangnya semangat dari diri siswa karena lingkungan keluarga dan teman atau masyarakat yang kurang mendukung, dan faktor eksternal nya adalah jaringan internet yang lambat serta kinerja HP yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 03:40
Last Modified: 31 May 2023 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23147

Actions (login required)

View Item View Item