Pengaruh Pengetahuan Produk dan Motivasi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Karanganyar

Khasanah, Mutia Afifatun (2023) Pengaruh Pengetahuan Produk dan Motivasi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190247_MUTIA AFIFATUH KHASANAH_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keputusan adalah suatu proses yang dilakukan konsumen berdasarkan banyak pertimbangan/seleksi dalam menentukan suatu produk atau jasa. Keputusan muncul apabila individu tertarik kepada sesuatu karena sesuai dengan kebutuhannya atau merasakan bahwa sesuatu yang akan dipelajari dirasakan bagi dirinya. Namun kenyataannya nasabah BTN Syariah KCPS Karnganyar sudah mengetahui produk dan termotivasi memilih pembiayaan KPR tetapi mereka belum memilih produk pembiayaan tersebut karena banyaknya factor baik dari internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan produk dan motivasi nasabah terhadap keputusan memilih pembiayaan KPR pada Bank BTN Syariah KCPS Karanganyar.
Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda (SPSS 25). Populasi dalam penelitian ini 247 nasabah Bank BTN Syariah KCPS Karanganyar serta sampel yang digunakan 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Accidental Sampling yang dikumpulkan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t dengan hasil t-hitung variabel pengetahuan produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan KPR pada Bank BTN Syariah KCPS Karanganyar. Nilai t-hitung > t-tabel yaitu (3.710>1.98472) dan nilai signifikan (0,00<0,05). variabel motivasi nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih pembiayaan KPR pada Bank BTN Syariah KCPS Karanganyar. Nilai t-hitung > t-tabel yaitu (2.077>1.98472) dan nilai signifikan (0,04<0,05). Dan uji f yaitu Nilai f-hiung sebesar 7.711 > nilai f- table 3.089 atau nilai signifikansi (uji f) sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan pengaruh yang diberikan pengetahuan produk dan motivasi nasabah memiliki pengaruh sebesar 83,7% dan sisanya 16,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain pengetahuan produk dan motivasi nasabah yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 03:49
Last Modified: 31 May 2023 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23146

Actions (login required)

View Item View Item