Pengaruh Literasi Digital, Kemanfaatan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Membuka Rekening melalui Aplikasi BSI Mobile oleh Nasabah BSI di Ponorogo

Mustikasari, Mustikasari (2023) Pengaruh Literasi Digital, Kemanfaatan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Membuka Rekening melalui Aplikasi BSI Mobile oleh Nasabah BSI di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190246_Mustikasari_Perbankan Syariah..pdf

Download (1MB)

Abstract

Mustikasari. Pengaruh Literasi Digital, Kemanfaatan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Membuka Rekening melalui Aplikasi BSI Mobile oleh Nasabah BSI di Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.
Kata kunci: Persepsi nasabah, keputusan nasabah, BSI Mobile
Keputusan ialah proses mengevaluasi dua atau lebih alternative tindakan untuk memilih salah satu. Keputusan nasabah membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile dapat dipengaruhi oleh literasi digital, kemanfaatan, dan kemudahan. Keputusan membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile ini bisa dilihat dari jumlah yang membuka rekening, namun jumlah membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile yang belum sesuai target. Dari segi literasi digital, literasi digital masyarakat mengalami kenaikan sehingga masyarkat makin cakap digital namun keputusan membuka rekening melalui BSI Mobile masih kurang. Selain itu dari segi kemanfaatan nasabah menyatakan membuka rekening melalui BSI Mobile memberikan kemanfaatan yang mana dapat menyingkat waktu bisa dilakukan pembukaan rekening tanpa harus datang ke kantor namun nasabah tidak memutuskan membuka rekening dikarenakan kendala alat komunikasi yang tidak mendukung sehingga tidak memutuskan membuka rekening melalui BSI Mobile, yang terakhir dari segi kemudahan, membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile sangat memberikan kemudahan bagi nasabah namun jumlah keputusan dari nasabah untuk membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile masih kurang dikarenakan jenis tabungan yang tersedia hanya beberapa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini nasabah BSI di Ponorogo yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan metode sampling purposive. Pengumpulan datanya menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile oleh nasabah BSI di Ponorogo. Hal ini sesuai dengan hasil nilai t-hitung < t-tabel yaitu 1,590 < 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,115 > 0,05 (α=5%). (2) Kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile oleh nasabah BSI di Ponorogo. Hal ini sesuai dengan hasil nilai t-hitung > t-tabel yaitu 4,683 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (α=5%). (3) Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile oleh nasabah BSI di Ponorogo. Hal ini sesuai dengan hasil nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,715 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 (α=5%). (4) Literasi Digital, Kemanfaatan, dan Kemudahan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan membuka rekening melalui aplikasi BSI Mobile oleh nasabah BSI di Ponorogo. Hini sesuai dengan hasil nilai thitung > t-tabel yaitu 44,076 > 3,69 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (α=5).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 03:52
Last Modified: 31 May 2023 03:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23145

Actions (login required)

View Item View Item