[FILE PDF BELUM ADA] Pengaruh Premi, Dan Hasil Investasi Terhadap Solvabilitas Perusahaan Asuransi Syariah (Studi Pada PT BNI Life Insurance Unit Syariah Periode Tahun 2015-2022)

Ferdiansah, Mhammad Mufid (2023) [FILE PDF BELUM ADA] Pengaruh Premi, Dan Hasil Investasi Terhadap Solvabilitas Perusahaan Asuransi Syariah (Studi Pada PT BNI Life Insurance Unit Syariah Periode Tahun 2015-2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi semua kewajiban finansialnya jika sewaktu-waktu dilikuidasi. Perusahaan asuransi di Indonesia tingkat solvabilitas dihitung dengan metode Risk Based Capital (RBC), dan tingkat solvabilitas dana perusahaan masing-masing paling sedikit 120%. Dengan adanya aturan yang telah mengatur tingkat solvabilitas, maka hal ini memaksa perusahaan untuk wajib menjaga tingkat solvabilitas serta melaporkannya pada laporan keuangan tahunannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara persial maupun secara simultan premi, dan hasil investasi terhadap solvabilitas perusahaan asuransi syariah pada PT BNI Life Insurance unit syariah periode tahun 2015-2022.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Variabel independen yang digunakan yaitu premi, dan hasil investasi. Sedangkan variabel dependen solvabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji R square, uji F, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Premi berpengaruh positif secara persial terhadap solvabilitas perusahaan 2). Hasil investasi berpengaruh positif secara persial terhadap solvabilitas perusahaan 3). Secara simultan premi, dan hasil investasi berpengaruh positif terhadap solvabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 03:58
Last Modified: 31 May 2023 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23142

Actions (login required)

View Item View Item