Analisis Terhadap Penetapan Perkara No.9/Pdt.P/2022/PA.Mn Tentang Penolakan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kota Madiun

Anisa, Fina Zahrotu (2023) Analisis Terhadap Penetapan Perkara No.9/Pdt.P/2022/PA.Mn Tentang Penolakan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190206_Fina Zahrotu Anisa_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ANISA, FINA ZAHROTU 2023. Analisis Terhadap Penetapan Perkara No.9/Pdt.P/2022/Pa.Mn Tentang Penolakan Dispensasi Nikah Di PA Kota Madiun. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.
KATA KUNCI: Dispensasi Nikah, Penetapan Hakim, Dzarī’ah
Persoalan dispensasi nikah merupakan persoalan yang kompleks. Kompleksitas persoalan dispensasi nikah bisa dilihat dari terdapatnya perkara dengan persoalan yang sama, majelis hakim yang sama tetapi mempunyai penetapan yang berbeda. Hal tersebut dapat dilihat di dalam penetapan perkara No.7/Pdt.P/2022/Pa.Mn dan juga pada penetapan perkara No.9/Pdt.P/2022/Pa.Mn di mana kedua perkara tersebut mempunyai persoalan yang sama yaitu kedua belah pihak sudah pernah melakukan hubungan badan dan sudah sering tinggal di kos bareng. Untuk perkara No.7/Pdt.P/2022/Pa.Mn hakim mengabulkannya dengan pertimbangan bahwa mencegah kemafsadatan lebih diutamakan daripada mengambil maslahah, sedangkan untuk perkara No.9/Pdt.P/2022/Pa.Mn hakim menolak perkara tersebut.
Berangkat dari fenomena tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana metode interpretasi penetapan perkara dispensasi nikah No. 9/Pdt.P/2022/PA.Mn di Pengadilan Agama Kota Madiun? Bagaimana pertimbangan hakim Pengadilan Agama Kota Madiun dalam menetapkan perkara penolakan dispensasi nikah No. 9/Pdt.P/2022/PA.Mn perspektif dzarī’ah ?
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif atau penelitian hukum kepustakaan (library research). Dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu pendekatan konseptual, pendekatan kasus dan pendekatan Undang-Undang, dengan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan juga triangulasi teori sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data.
Adapun hasil analisis yang dilakukan peneliti sesuai dengan rumusan masalahnya yaitu (1) Hakim dalam menetapkan perkara ini sudah menggunakan sistem interpretasi hukum, yaitu interpretasi gramatikal, argumentasi, dan interpretasi sistematis sosiologis, sehingga putusan hakim telah memenuhi unsur keadilan dan kepastian hukum. (2) Dilihat dari perspektif dzarī’ah penetapan hakim No.9/Pdt.P/2022/Pa.Mn dilandasi tidak hanya dari segi sadd al dzarī’ah tetapi juda dari segi fath al dzarī’ah. Dari segi sadd al dzarī’ah adalah untuk mencegah tidak tercapainya tujuan pernikahan dan dari segi fath al dzarī’ah di harapkan calon istri anak pemohon atas nama Aprilia Nur Handayani dapat melanjutkan sekolahnya, dan orang tua kedua belah pihak harus mengawasi dengan ketat pergaulan anaknya supaya tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 03:57
Last Modified: 31 May 2023 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item