Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Persewaan Pengaduk Semen Harisa Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Tyas, Harlits Chka Kusumaning (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Persewaan Pengaduk Semen Harisa Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Harlits Chka Kusumaning Tyas 401180049 ES Skripsi Etheses.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Tyas, Harlits Chka Kusumaning. Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Persewaan Pengaduk Semen Harisa Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2023, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H, Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam
Etika dalam melakukan ijarah sangat penting untuk dilaksanakan karena seorang konsumen muslim dalam berbisnis harus mempunyai etika yang baik dan dapat menerangkan apa yang harus dilakukan manusia kepada manusia yang lainnya dengan menjalankannya sesuai dengan ajaran agama Islam.Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku konsumen atau penyewa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Dengan adanya ketidaksesuaian tersebut tentunya sangat merugikan pihak pemilik usaha. Tindakan kecurangan yang dilakukan penyewa antara lain menunda-nunda pembayaran dan tidak menjaga alat pengaduk semen yang telah diamanahi oleh pemilik usaha.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada usaha persewaan alat pengaduk semen Harisa, faktor-faktor yang melatarbelakangi tidak menerapkan etika bisnis Islam dan dampak jika tidak menerapkan etika bisnis Islam terhadap keberlangsungan usaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan langkah yang digunakan dalam teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemilik usaha persewaan alat pengaduk semen Harisa telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam antara lain: bersandar pada ketentuan Tuhan (tauhid), amanah, menjual barang yang halal dan baik mutunya dalam sewa menyewa menyewakan barang yang halal dan baik mutunya, dilarang menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati, membangun hubungan baik antar sesama, tertib administrasi, menetapkan harga dengan transparan, membayar upah sebelum kering keringatnya, dan segera melunasi kredit atau hutang piutang yang menjadi kewajibannya. Akan tetapi pihak konsumen atau penyewa melakukan kecurangan dengan tidak amanah, membayar upah dengan menunda-nunda, dan setelah diberi tenggang waktu tidak segera melunasi kredit atau hutang yang menjadi kewajibannya malah pura-pura lupa jika sudah membayar upah. Faktor yang melatarbelakangi tidak menerapkan etika bisnis Islam karena faktor pendidikan, faktor kelalaian, faktor ekonomi dan faktor kesengajaan. Dampaknya terhadap pemilik usaha tidak mendapatkan pemasukan, menghambat keberlangsungan usaha, terhadap penyewa tidak mendapatkan keberkahan, dan hilangnya rasa kepercayaan dari pemilik usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 02:57
Last Modified: 31 May 2023 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item