Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Brem Mekarsari Wonogiri

Nugroho, Irfan (2023) Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Brem Mekarsari Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190086_IRFAN NUGROHO_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nugroho, Irfan. Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Brem Mekarsari Wonogiri. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, SE., M.E.
Kata Kunci: Brand Image, Daya Saing, Strategi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan sebuah bisnis yang semakin ketat yang menuntut para pelaku usaha untuk bersaing lebih kompetitif untuk menghasilkan brand image yang baik terhadap produknya. Karena dengan adanya brand image yang baik akan menghasilkan daya saing yang kuat untuk bersaing dengan kompetitor. Sehingga strategi pemasaran berperan penting di dalamnya. Strategi pemasaran berguna untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, mendapatkan citra yang baik dari konsumen dan meningkatkan daya saing bisnis dan produknya. Sentra industri brem mekarsari Wonogiri perlu untuk meningkatkan eksistensi produknya supaya dapat menciptakan brand image yang baik sehingga bisa bersaing dengan produk lain. Sentra industri brem mekarsari menerapkan strategi pemasaran untuk membangun brand image produk untuk meningkatkan daya saingnya.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis brand image brem mekarsari, (2) untuk menganalisis bagaimana langkah-langkah usaha brem mekarsari membangu brand image dalam meningkatkan daya saing, (3) untuk mengetahui dampak membangun brand image dalam meningkatkan daya saing brem mekarsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi lapangan (field research). Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah induktif, yaitu analisis data yang tertitik tolak dari hal-hal yang khusus kemudian ditarik kesimpulan secara umum lalu disandingkan dengan teori yang ada.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) Adapun citra merek yang melekat pada brem mekarsari adalah brem unik, brem padat, brem tape ketan, brem asam dan brem Wonogiri.. (2) Ada beberapa strategi yang diterapkan sentra industri brem mekarsari membangun brand image dalam meningkatakan daya saing, yaitu segmentasi, targeting, positioning, differenting, promosi, penjualan jujur, dan amanah. (3) Dampak pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing usaha, yakni: a) brem mekarsari semakin dikenal, b) meningkatnya minat masyarakat, c) pemasaran brem mekarsari semakin luas, d) meningkatnya penjualan, e) daya saing semakin kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 02:40
Last Modified: 31 May 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23128

Actions (login required)

View Item View Item