Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Muamalat Digital Islamic Network Di Bank Muamalat KCP Madiun

Rahmah, Fatin Alfiah (2023) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Muamalat Digital Islamic Network Di Bank Muamalat KCP Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
402190134_FATIN ALFIAH RAHMAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmah, Fatin Alfiah. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Muamalat Digital Islamic Network di Bank Muamalat KCP Madiun. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy.
Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan penggunaan, Kepercayaan, Minat

Pemanfaat transaksi digital masih tergolong rendah di Indonesia, beriringan dengan rendahnya jumlah penggunaan Muamalat DIN di Bank BMI KCP Madiun beriringan dengan semakin menariknya fitur yang ada di Muamalat DIN. Dari banyaknya studi tentang penggunaan teknologi perbankan, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dari penelitian terdahulu yang menggunakan teori Technology Acceptance Model. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan secara parsial maupun simultan terhadap minat nasabah menggunakan Muamalat DIN di BMI KCP Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Muamalat KCP Madiun. Sampel penelitian ini sebanyak 95 responden yang diambil dengan teknik incidental sampling. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F), yang kemudian data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25.
Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat memiliki nilai t_hitung sebesar 0,882 < 1,986 sehingga persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap minat, variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki nilai t_hitung 3,698 > 1,986 maka persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat, variabel kepercayaan memiliki t_hitung 4,065 > 1986 sehingga kepercayaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat. Berdasarkan uji F diketahui f_hitung 30,395 < 3,098 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HUSNA NI'MATUL ULYA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 08:21
Last Modified: 30 May 2023 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item