ANALISIS EFEKTIVITAS BANTUAN SOSIAL PKH DI DESA PANDAK KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

HANIAN, INDAH RAHAYU (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS BANTUAN SOSIAL PKH DI DESA PANDAK KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401190265-Indah Rahayu Hanian-Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hanian, Rahayu Indah. Analisis Efektifitas Program Bantuan Sosial PKH di Desa Pandak Kecamatan Balong . Skrisi.2023. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Aji Damanuri.
Kata Kunci: Efektifitas, Program Bantuan Sosial PKH, Tujuan PKH, Hambatan Program PKH
Efektifitas program keluarga harapan pada Desa Pandak secara keseluruhan berdasarkan rata-rata indicator 4T adalah tidak efektif dimana 3T dari 4T indikator yang di tetapkan tidak terpenuhi, 3T indikator yag tidak terpenuhi itu adalah tepat sasaran penerima manfaat, tepat kualitas, tepat waktu dan 1T indikator yang telah di penuhi yaitu tepat administrasi.
Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap penerima bantuan di Desa Pandak, dapat dilihat dari dari 5 indikator yang dikemukakan oleh Sutrisno, yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Maka penulis berkesimpulan bahwa efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap penerima bantuan di Desa Pandak sudah dapat membantu dalam mengurangi beban pengeluaran masyarakat namun demikian PKH ini belum bisa dikatakan sepenuhnya efektiv dalam hal penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan pendapatan dilihat dari indikator perubahan nyata yang dialami masyarakat.
Hambatan yang dialami program keluarga harapan di Desa Pandak yaitu pada indikator tercapainya tujuan dan perubahan nyata sebagai berikut dimana belum berjalan dengan baik dikarenakan masih adanya penerima bantuan yang mempergunakan dana yang diterimanya diluar ketentuan yang dipersyaratkan misalnya dana yang diterimanya dibelanjakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras dan keperluan dapur lainnya karena alasan tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 08:36
Last Modified: 30 May 2023 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item