Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Permintaan Jasa Persewaan Busana Tari La Diva Madiun

Wilanjaya, Erdianto (2023) Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Permintaan Jasa Persewaan Busana Tari La Diva Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A. Skripsi Erdianto Fix (E-Thesis)_015225.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persewaan Busana Tari La Diva bisa dibilang sebagai usaha jasa persewaan kostum tari sangat sukses, cepat berkembang, dan terkenal di Jawa Timur khususnya Kota Madiun. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menemukan kesenjangan antara teori dan fakta yang menyatakan bahwa harga yang sangat berpengaruh untuk keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Sedangkan fakta yang ada di Persewaan La Diva, konsumen tidak terlalu memperhatikan mengenai harga, walaupun harga untuk penyewaan yang ditetapkan tergolong lebih mahal dibanding produk dan jasa kompetitor, namun konsumen yang loyal tetap akan kembali menggunakan produk dan jasa Persewaan La Diva. Pada era modern seperti ini seharusnya lebih bisa menegembangkan promosi bebasis konten yang menarik di media sosial agar lebih menarik dan bisa bersaing dengan competitor. Dari latar belakang tersebut peneliti menggunakan rumusan masalah: pertama, Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada Persewaan La Diva Madiun? Kedua, Bagaimana strategi pemasaran yang lebih dominan dan dapat meningkatkan permintaan penyewaan pada Persewaan La Diva Madiun?
Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan pemilik serta beberapa karyawan yang sering terlibat dari Usaha Jasa Persewaan La Diva. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Jasa Persewaan La Diva Madiun telah menerapkan strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4p yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Serta ditambahkan dengan strategi 3p yaitu orang (people), proses (process), dan (physical evidence).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 08:40
Last Modified: 30 May 2023 08:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item