Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Real Teaching Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo Angkatan 2019

Itsnatun, Rohmawati (2023) Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Real Teaching Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo Angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190228_ROHMAWATI ITSNATUN_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Itsnatun, Rohmawati. 2023. Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Real Teaching Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo Angkatan 2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar Micro Teaching, Kepercayaan Diri, Kemampuan Real Teaching

Sebagai seorang calon guru, mahasiswa jurusan PAI semester akhir harusnya memiliki kemampuan real teaching. Aspek keterampilan menyusun rencana pembelajaran, mengelola kelas, dan memiliki kepribadian yang baik menjadi tolak ukur terampil tidaknya dalam real teaching. Real teaching terasa memiliki tantangan tersendiri, karena mahasiswa dihadapkan dengan realitas yang terjadi di kelas sesungguhnya. Dari data yang diperoleh menunjukkan 25% mahasiswa masih mengalami kendala dalam mengajar secara langsung. Penelitian ini penting dilakukan mengingat real teaching merupakan praktik mengajar secara langsung yang membutuhkan latihan dan keterampilan dalam mengajar. Oleh karena itu perlu dikaji lebih dalam tentang hal yang mempengaruhi kemampuan real teaching.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menjelaskan pengaruh hasil belajar micro teaching terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019. (2) menjelaskan pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019. (3) menjelaskan pengaruh hasil belajar micro teaching dan kepercayaan diri terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, dengan populasi berjumlah 440 mahasiswa dan sampel yang digunakan berjumlah 195 responden. Adapun instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis mengunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Hasil belajar micro teaching berpengaruh terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019 dengan prosentase 3,1%. (2) Kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019 dengan prosentase 2,7%. (3) Hasil belajar micro teaching dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap kemampuan real teaching mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo angkatan 2019 dengan prosentase 5,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 07:11
Last Modified: 30 May 2023 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item