Peran Dosen Etika Profesi Keguruan Dalam Membina Etika Berpakaian Islami Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo

Damayanti, Afina (2023) Peran Dosen Etika Profesi Keguruan Dalam Membina Etika Berpakaian Islami Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190005_AFINA DAMAYANTI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Damayanti, Afina. 2023. Peran Dosen Etika Profesi Keguruan Dalam Membina Etika Berpakaian Islami Pada Mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Peran Dosen, Etika Profesi Keguruan, Etika Berpakaian Islami.

Dalam penelusuran awal di lokasi penelitian, peneliti menemukan beberapa mahasiswamengenakan busana yang bertentangan dengan aturan berbusanayang berlaku di FTIK. Sesuai aturan berpakaian yang berlaku di FTIK, mahasiswa harus menggunakan pakaian tertutup mulai dari jilbab (bagi mahasiswi) hingga celana panjang, baik pria maupun wanita tidak boleh ketat. Walaupun demikian, masih ada mahasiswa FTIK yang menggunakan pakaian yang tidak sesuai seperti memakai celana jeans, celana pensil, jilbab yang tidak menutupi dada, baju lengan pendek dan legging dengan dalih bajunya sudah menutupi aurat tubuh.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Megetahui proses pembelajaran mata kuliah etika profesi keguruan pada mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo. 2) Mengetahui peran dosen etika profesi keguruan sebagai pendidik, panutan serta pembimbing dalam membina etika berpakaian Islami pada mahasiswa PAI angkatan 2019 IAIN Ponorogo. 3) Mengetahui problematika Dosen Etika Profesi Keguruan dalam pembinaan etika berpakaian Islami mahasiswa PAI Angkatan 2019 di IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksankan di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data dengan menggunakan model interaktif meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisi data yang ditemukan bahwa: 1)Proses pembelajaran mata kuliah etika profesi keguruan pada mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo ditandai dengan proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sesuai yang ada dalam Rencana Progaram Semester (RPS) Mata Kuliah Etika Profesi Keguruan. 2) Peran dosen etika profesi keguruan sebagai pendidik, panutan serta pembimbing dalam membina etika berpakaian Islami pada mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo melalui tigacara meliputi:dosen sebagai pendidik, dosen sebagai panutan serta dosen sebagai pembimbing.. 3) Problematika Dosen Etika Profesi Keguruan dalam pembinaan etika berpakaian Islami mahasiswa PAI Angkatan 2019 di IAIN Ponorogoyang pertama masih dijumpai mahasiswa yang melanggar dengan sengaja etika berpakaian yang ada dikampus. Kedua, mahasiswa yang tidak menggunakan etika berpakaian Islami karena tidak mengetahui aturan etika berpakaian yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 07:15
Last Modified: 30 May 2023 07:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23107

Actions (login required)

View Item View Item