Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Edutainment Dalam Mata Pelajaran SKI Di Kelas VII MTsN 8 Magetan

Halizah, Pariera Dinar (2023) Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Edutainment Dalam Mata Pelajaran SKI Di Kelas VII MTsN 8 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190222_Pariera Dinar Halizah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Halizah, Pariera Dinar. 2023. Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Edutainment Dalam Mata Pelajaran SKI Di Kelas VII MTsN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikam Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Edutainment, SKI
Motivasi belajar siswa menjadi hal penting dalam pembelajaran SKI untuk mendukung mendorong siswa semangat belajar. Dalam pengelolaan pembelajaran SKI, penerapan metode pembelajaran kurang efektif belum maksimal, membuat siswa cenderung bosan monoton dan rendahnya motivasi untuk belajar, membuat siswa kurang semangat, karena dalam pembelajarannya guru masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton, didalam materinya terlalu padat sehingga membutuhkan media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut dengan melalui metode edutainment dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yang baik di MTsN 8 Magetan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1. upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui metode edutainment dalam mata pelajaran SKI di kelas VII MTsN 8 Magetan. 2. problematika penerapan metode edutainment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di kelas VII MTsN 8 Magetan. 3. dampak penerapan metode edutainment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di kelas VII MTsN 8 Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipasi penelitian berasal dari peserta didik dan guru SKI kelas VII di MTsN 8 Magetan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa: 1. Upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui metode edutainment, a. menerapkan metode edutainment secara menyenangkan dan kreatif, b. memberikan reward bagi siswa yang aktif, c. memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran, d. menggunakan metode yang bervariasi, e. ego-involvement menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras. 2. Problematika penerapan metode edutainment terhadap motivasi belajar siswa, a. faktor internal faktor dari dalam diri siswa (faktor kesehatan, faktor inteligensi, faktor minat, dan faktor kelelahan), b. faktor eksternal faktor dari kondisi luar diri siswa (keluarga, sekolah, dan masyarakat), c. faktor kemampuan belajar (pengamatan, perhatian, ingatan, daya pikir), d. metode guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah. 3. Dampak penerapan metode edutainment terhadap motivasi belajar siswa, a. aspek kognitif, (pengetahuan, penalaran, penerapan, analisis, evaluasi), b. aspek afektif (perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi), c. aspek psikologis, faktor-faktor rohaniah, tingkat kecerdasan, sikap siswa, bakat siswa, minat siswa, motivasi siswa, d. aspek fisiologis, kondisi umum jasmani dan tonus kondisi organ tubuh yang lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 07:13
Last Modified: 30 May 2023 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item