Pandangan Quraish Shihab terhadap Akhlak Guru dalam Pembentukan Karakter Murid (Telaah Kitab Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab)

Naza, Alfiatun (2023) Pandangan Quraish Shihab terhadap Akhlak Guru dalam Pembentukan Karakter Murid (Telaah Kitab Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru dalam pendidikan Islam mempunyai peranan yang sangat penting karena merupakan figur utama yang mempunyai pengaruh dalam proses pembentukan karakter murid. Namun, beberapa guru yang seharusnya digugu dan ditiru dari beberapa kasus sekarang ini banyak guru yang kurang berkompeten dan hanya mengandalkan selembar ijazah kebanggaannya. Sedikit yang menyadari akan tujuannya mengajar dan mendidik seorang murid, sehingga banyak yang menyeleweng dari ketentuan menjadi seorang guru yang seharusnya menjadi panutan dan teladan bagi muridnya. Maka dari itu, penulis perlu meneliti hal ini lebih lanjut yang merujuk kepada pemikiran Quraish Shihab yang merupakan seorang mufassir kontemporer yang menjelaskan nilai-nilai Al-Quran sejalan dengan perkembangan masyarakat yang sekarang ini.
Peneliti ini bertujuan untuk menggali akhlak guru dalam membentuk karakter murid menurut Quraish Shihab dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana akhlak seorang guru kepada murid menurut pandangan Quraish Shihab? 2) Bagaimana penafsiran Quraish Shihab tentang akhlak guru terhadap pembentukan karakter murid dalam kitab tafsir Al-Misbah? Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya library ressearch yaitu usaha untuk memperoleh data dalam kepustakaan. Dengan mengkaji buku-buku karya Quraish Shihab. Analisis datanya menggunakan pendekatan deskriptif-analisis yang sumber-sumbernya didata, dikumpulkan, dianalisis dan kemudian diinterpretasikan secara kritis sebelum dituangkan dan diimplementasikan dalam sebuah gagasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) M. Quraish Shihab mengkategorisasikan peran guru dalam membentuk karakter murid di antaranya, sebagai pengajar, sebagai sebagai mediator dan fasilitatator, serta sebagai evaluasi atau penilai hasil. Selain itu guru mempunyai beberapa istilah: mu’allim, murabbī, mu’addib, murshid, dan mudarris. (2) Penafsiran Quraish Shihab tentang ayat-ayat guru dalam membentuk karakter murid di antarnya Berdasarkan pada Q.S.2:31-32 guru harus mengajarkan ilmu yang dimilikinya, Q.S.3:79 guru sebagai pelindung, Q.S.16:125 memiliki pendekatan atau metode dalam pembelajaran, Q.S.41:34-35 anjuran untuk memiliki sifat sabar, Q.S.55:1-4, guru sebagai mu’allim, dan Q.S.96:1-5 sebagai penuntun dan pemberi arahan.
Kata Kunci: Akhlak Guru, Karakter Murid, Quraish Shihab

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:40
Last Modified: 30 May 2023 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23096

Actions (login required)

View Item View Item