Strategi Pengembangan Bisnis Percetakan Di One Stop Design Pacitan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Verawati, Merlin (2023) Strategi Pengembangan Bisnis Percetakan Di One Stop Design Pacitan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190114_MERLIN VERAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan alat untuk menciptakan keunggulan bersaing. Dengan demikian salah satu fokus strategi adalah memutuskan apakah bisnis tersebut harus ada atau tidak. Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun. Strategi pengembangan bisnis dalam perspektif Ekonomi Islam meliputi beberapa sikap yaitu takwa, adil, pribadi yang baik, menepati janji, melayani pelanggan dengan rendah hati dan menepati janji. Adapun hal-hal yang berpengaruh dalam pengembangan bisnis berdasarkan prinsip syariah diantaranya adalah membangun motivasi dan tekad yang kuat, tawakal kepada Allah, memilih bisnis yang paling dikuasai, sabar, dan berbuat kebaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis yang diterapkan pada bisnis percetakan di OSD Pacitan yang ditinjau dari perspektif ekonomi islam, menganalisis dampak dari pengembangan bisnis yang dijalankan di OSD Pacitan. Metode dan jenis pendekatan yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis pendekatan yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi, wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Percetakan OSD yaitu strategi kombinasi bersama, yakni strategi integrasi vertikal (strategi integrasi ke depan, strategi integrasi ke belakang, dan strategi integrasi horizontal), strategi intensif (strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk), dan strategi diversifikasi yakni menerapkan strategi diversifikasi terkait/ konsentrik. Strategi-strategi yang diterapkan oleh Percetakan OSD, secara umum sudah sesuai dengan teori yang ada. 2) Dampak dari strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Percetakan OSD yakni meliputi, meningkatnya kesejahteraan ekonomi, meningkatnya sosial ekonomi masyarakat, dan juga memudahkan lingkungan sekitar. Hal ini tentu saja dapat dikatakan positif, karna dengan adanya pengembangan bisnis ini, banyak pihak yang merasa diuntungkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:38
Last Modified: 30 May 2023 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23094

Actions (login required)

View Item View Item