...(PERBAIKI DENGAN UNDUH FORM PERSETUJUAN PUBLIKASI DI WEB PERPUS)...Pengaruh Kebutuhan dan Keinginan Terhadap Tingkat Permintaan Skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating

Rahman, Anggie Yu (2023) ...(PERBAIKI DENGAN UNDUH FORM PERSETUJUAN PUBLIKASI DI WEB PERPUS)...Pengaruh Kebutuhan dan Keinginan Terhadap Tingkat Permintaan Skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501210003_ANGGIE YU RAHMAN_S2 EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Batasan konsumsi dalam Islam tidak hanya memperhatikan aspek halal haram saja, tetapi juga memperhatikan hal yang baik, bersih, sehat dan kesederhanaan (tidak berlebihan). Motif permintaan Islam menekankan pada tingkat kebutuhan konsumen terhadap barang. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diataranya adanya kebutuhan dan keinginan. Pondok Pesantren Thoriqul Huda Ponorogo dengan jumlah santri yang tidak terlalu banyak namun tingkat permintaan terhadap online shop pada produk skincare dinilai cukup tinggi. Sehingga penelitian ini ingin membuktikan dan menguji seberapa besar pengaruh keinginan dan kebutuhan para santri berkaitan dengan proses transaksi permintaan skincare yang dilakukan oleh Santri Thoriqul Huda Ponorogo yang kemudian dimoderasikan dengan faktor religiusitas para santri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis menggunakan Software SPSS 23 melalui tahapan uij validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolonieritas, heterokedastisitas, dan uji MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kebutuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo. Dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai (R2) sebesar 0,510 = 51%. Keinginan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo. Dengan signifikansi sebesar 0,010 < 0,05. Nilai (R2) sebesar 0,110 = 11%. Kebutuhan dan keinginan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo. Dengan nilai (R2) sebesar 0,531 = 53,1%. Religiusitas memoderasi pengaruh kebutuhan dengan tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo, nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05. Nilai (R2) sebesar 0,551 = 55,1%. Religiusitas memoderasi pengaruh keinginan dengan tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo dengan nilai signifikansi sebesar 0,134 > dari 0,05. Nilai (R2) sebesar 0,145 = 14,5%. Religiusitas memoderasi pengaruh simultan antara kebutuhan dan keinginan terhadap tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo. Uji F menunjukan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05 artinya dengan adanya religiusitas memperkuat pengaruh simultan antara kebutuhan dan keinginan terhadap tingkat permintaan skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah, Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:18
Last Modified: 30 May 2023 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item