Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Pengrajin Tas Anyam Jali di Desa Sidoharjo

Kholifah, Siti Nur (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Pengrajin Tas Anyam Jali di Desa Sidoharjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190187_Siti Nur Kholifah_ES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kholifah, Siti Nur. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Pengrajin Tas Anyam Jali di Desa Sidoharjo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Khoirun Nisak, M.SEI
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, UKM
Sejak mengawali bisnisnya UKM pengrajin tas anyam jali di Desa Sidoharjo senantiasa dihadapkan dengan berbagai macam rintangan maupun hambatan, banyaknya UKM sejenis yang muncul membuat pengrajin tas anyam jali sulit untuk mempertahankan posisi produknya karena persaingan yang semakin ketat. Kondisi persaingan yang ketat yang menyebabkan pendapatan menurun secara signifikan. Untuk itu pengrajin tas anyam jali harus dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran tas anyam jali di Desa Sidoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini ada 6 orang, yaitu 4 orang pelaku UKM pengrajin tas anyam jali dan 2 orang konsumen tas anyam jali yang ada di Desa Sidoharjo.
Dalam meningkatkan daya saing UKM pengrajin tas anyam jali di Desa Sidoharjo sudah menggunakan strategi pemasaran yang cukup baik. Tetapi ada beberapa strategi yang kurang maksimal seperti strategi tempat mereka masih konvensional dan strategi promosi yang kurang memanfaatkan sarana promosi yang ada. Strategi pemasaran yang dilakukan UKM pengrajin tas anyam jali di Desa Sidoharjo yaitu strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Selain strategi pemasaran ada juga kendala yang dihadapi UKM pengrajin tas anyam jali di Desa Sidoharjo yaitu banyaknya pesaing dan kurangnya modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nisak
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:32
Last Modified: 30 May 2023 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item