Pengaruh Pendidikan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo Angkatan 2021

Cholistiani, Reni Nur (2023) Pengaruh Pendidikan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo Angkatan 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190158_RENI NUR CHOLISTIANI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Cholistiani, Reni Nur. Pengaruh Pendidikan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Anggota KOPMA Al-Hikmah IAIN Ponorogo. 2023, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yunaita Rahmawati, S.E.,M.Si., Ak.
Kata Kunci : Pendidikan, Motivasi, Minat Berwirausaha
Minat dalam kewirausahaan adalah seberapa besar seseorang merasa suka
dan tertarik kepada suatu rangsangan untuk melakukan kegiatan berwirausaha. Terdapat tiga faktor yang mendorong seseorang untuk memulai berwirausaha yaitu faktor personal yang menyangkut aspek-aspek kepribadian seseorang. Faktor sociological, menyangkut masalah hubungan dengan family dan sebagainya seperti relasi, motivasi, pengalaman dan tim yang bekerjasama. Dan faktor environmental yang menyangkut hubungan dengan lingkungan sekitar seperti sumber daya, pendidikan dan kebijakan pemerintah. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa saat penerimaan anggota baru mayoritas calon anggota menuliskan alasan masuk KOPMA Al-Hikmah karena ingin menjadi wirausaha. Setelah resmi menjadi anggota KOPMA Al-Hikmah dan telah mengikuti berbagai pendidikan dan mendapatkan motivasi kewirausahaan, para anggota justru rendah partisipasinya dalam kegiatan kewirausahaan, seperti saat bazar Ramadhan, bazar wisuda, dan kegiatan pembuatan produk lainnya, yang mengikuti kurang dari 50% dari total keseluruhan jumlah anggota. Hal ini tentu terdapat perbedaan antara teori dengan fakta di lapangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan motivasi terhadap minat berwirausaha anggota KOPMA Al-Hikmah IAIN Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online. Sampel yang digunakan sebayak 98 dengan teknik penentuan sampel menggunakan non probability sampling, purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah dengan uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; hasil uji t variabel pendidikan, pendidikan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha anggota KOPMA Al-Hikmah IAIN Ponorogo angkatan 2021 dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 10,122 > 1,985. Hasil uji t variabel motivasi, motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha anggota KOPMA Al- Hikmah IAIN Ponorogo angkatan 2021 dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 10,794 > 1,985. Adapun hasil uji f, pendidikan dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha anggota KOPMA Al-Hikmah IAIN Ponorogo angkatan 2021 dengan nilai f hitung > f tabel, yaitu 102,452 > 3,09

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:13
Last Modified: 30 May 2023 06:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item View Item