Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Kedisiplinan Santri di MA Sulamul Huda

Rahmawati, Sari (2023) Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Kedisiplinan Santri di MA Sulamul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN ponorogo.

[img] Text
206190112_Sari Rahmawati_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membentuk Kedisiplinan Santri di MA Sulamul Huda. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci : Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka, Kedisiplinan, MA Sulamul Huda
Kedisiplinan merupakan sikap yang sangat penting dalam diri seseorang, khususnya pada santri. Disiplin dalam hal kegiatan dan belajar dikelas. Disiplin bagi santri tidak hanya diterapkan di madrasah saja, melainkan juga perlu diterapkan di lingkungan masyarakat. Salah satu upaya madrasah dalam membentuk kedisiplinan santri dengan banyak hal, salah satunya adalah ekstrakurikuler pramuka. Salah satu madrasah yang terdapat ekstrakurikuler pramuka adalah MA Sulamul Huda yang mewajibkan seluruh santri untuk mengikutinya, walaupun pada saat covid-19 ekstrakurikuler pramuka di MA Sulamul Huda tetap berjalan. Dalam kegiatan pramuka ada banyak aspek yang dapat membentuk karakter kedisiplinan santri. Suksesnya program ekstrakurikuler pramuka berawal dari manajemen yang baik didalamnya, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti manajemen program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplin santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplinan santri di MA Sulamul Huda; (2) pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplinan santri di MA Sulamul Huda; (3) evaluasi program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplinan santri di MA Sulamul Huda.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pencarian data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa Milles, Hubarman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat ditemukan (1) perencanaan program ekstrakurikuler pramuka yang ada di MA Sulamul Huda sudah baik dan terstruktur, ditunjukkan dengan adanya perencanaan program yang menunjang kedisiplinan diawal kepengurusan pembina, setiap bulan, dan setiap minggunya; (2) pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka yang menunjang kedisiplinan santri berjalan sesuai dengan perencanaan dan sesuai tujuan yaitu berdasarkan aspek kedisiplinan, dengan objek seluruh santri MA Sulamul Huda; (3) evaluasi terhadap program ekstrakurikuler pramuka terlaksana dengan baik yaitu membahas dan menilai kegiatan yang sudah terlaksana sebagai acuan kegiatan selanjutnya. Tujuan utama dari diselenggarakannya program ekstrakurikuler pramuka adalah terbentuknya kemandiriaan dan kedisiplinan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:35
Last Modified: 30 May 2023 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item