Pengaruh Konten Dakwah Di Instagram Terhadap Akhlak Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020 IAIN Ponorogo

Munandra, Hanifa (2023) Pengaruh Konten Dakwah Di Instagram Terhadap Akhlak Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020 IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E theses Hanifa Munandra.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh instagram sebagai media sosial yang banyak digunakan oleh kalangan anak muda salah satunya mahasiswa Jurusan
Komunikasi dan Penyiaran Islam angkata 2020 IAIN Ponorogo. Pengguna
Instagram sangat beragam, seperti halnya pengguna yang mengunggah konten
dakwah Islam yang menyajikan informasi berkaitan tentang nasehat para tokoh
agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh konten
dakwah Instagram terhadap akhlak dan seberapa besar pengaruh konten dakwah
di Instagram terhadap akhlak mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
2020 IAIN Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) ada atau tidaknya pengaruh
konten dakwah di Instagram terhadap akhlak, (2) seberapa besar pengaruh konten
dakwah di Instagram terhadap akhlak mahasiswa KPI 2020 IAIN Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah
mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020 IAIN
Ponorogo berjumlah 146 dan sampel yang digunakan adalah 60 mahasiswa
pengguna Instagram.
Hasil dari analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa: Pertama,
terdapat pengaruh konten dakwah di Instagram terhadap akhlak mahasiswa
Komunikasi dan Penyiaran Islam 2020 IAIN Ponorogo, dengan analisis data yang
ditemukan dari rumus uji regresi linier sederhana dengan hasil thitung = 5,637 dan
ttabel = 1,671. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha diterima. Kedua, konten dakwah di Instagram berpengaruh sebesar 35,40% terhadap akhlak
mahasiswa KPI 2020 IAIN Ponorogo, dibuktikan dengan hasil uji koefisien
determinasi sebesar 0,354, artinya konten dakwah di Instagram berpengaruh
terhadap akhlak mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam 2020 IAIN
Ponorogo sebesar 35,40 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 05:33
Last Modified: 30 May 2023 05:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item