...(LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN BERSTEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...FENOMENA PERNIKAHAN DINI DI LINGKUNGAN PERKOTAAN DAN PEDESAAN DI KABUPATEN PONOROGO DALAM KAJIAN SOSIOLOGI HUKUM (Studi di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ponorogo)

Wahyuni, Siti Nur (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN BERSTEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...FENOMENA PERNIKAHAN DINI DI LINGKUNGAN PERKOTAAN DAN PEDESAAN DI KABUPATEN PONOROGO DALAM KAJIAN SOSIOLOGI HUKUM (Studi di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_SITI NUR WAHYUNI_UPLOAD PERPUS.pdf

Download (932kB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyuni, Siti Nur. 2023. Fenomena Pernikahan Dini Di Lingkungan Perkotaan dan Pedesaan di Kabupaten Ponorogo Dalam Kajian Sosiologi Hukum (Studi di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ponorogo).Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.

Kata Kunci: Pernikahan Dini, Sosiologi Hukum, Budaya Hukum, Dampak, Faktor.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya stigma masyarakat yang menganggap bahwa masyarakat pedesaan lebih rentan melakukan pernikahan dini daripada masyarakat perkotaan serta maraknya kasus pernikahan dini yang diberitakan oleh berbagai macam sumber. Dalam Undang-Undang No. 16 Tahun 2016 mengatur bahwa pembatasan usia perkawinan boleh dilakukan apabila kedua belah pihak telah memenuhi usia minimal 19 tahun. Namun faktanya tidak sedikit pihak yang tidak menghiraukan aturan tersebut sehingga berdampak pada tingginya fenomena pernikahan dini di berbagai wilayah. Untuk tetap bisa melaksanakannya mereka harus menjalani proses yang sedemikian rumitnya, yakni mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama setempat.
Tujuan pada penelitian ini untuk membandingkan bagaimana faktor dan dampak fenomena pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ponorogo pada rentang waktu tahun 2020-2022 dalam kajian sosiologi hukum.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari kedua wilayah penelitian tersebut dengan mencari data secara langsung di lokasi penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yang menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, persamaan alasan terjadinya pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ponorogo adalah karena faktor individu sendiri karena sudah menjalin hubungan sudah lama, orang tua, hamil diluar nikah, serta orang tua, dan untuk pembeda faktornya terdapat di Kecamatan Ngrayun yakni karena faktor ekonomi dan pendidikan. Sedangkan persamaan dampak yang ditimbulkan adalah perceraian, putusnya akses pendidikan dan kurangnya kemandirian dalam membangun rumah tangga. Sedangkan pembeda dampaknya juga terdapat di Kecamatan Ngrayun yakni bertambahnya tanggungan orang tua serta menambah angka kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2023 06:15
Last Modified: 30 May 2023 06:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23079

Actions (login required)

View Item View Item